KURIKULUM STIAA

Demi untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa, maka dirancang kurikulum yang akan diterapkan dari tahun  aJran 2015 sd. 2020. Hal ini mengikuti struktur keilmuan yang yang berkembang saat ini. Dimana struktur keilmuan juga dibentuk untuk menggali keunggulan akademik yang tidak parsial dalam mengajarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, tetapi komprehensif dan terintegrasi untuk mendorong pengembangan dan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan ruh Islam, dan keunggulan sumber daya manusia yang berdaya saing dan kompetitif yang berlandaskan pada visi ajaran Islam yang universal.

 Karenanya kurikulum disusun menjadi rumpun-rumpun keilmuan yang berfungsi secara terpadu dan sistematis, sehingga dapat menghasilkan sarjana yang ahli dibidangnya dengan kedalaman spiritual, keluhuran moral/akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

Revisi kurikulum ini mengacu kepada pengembangan kurikulum berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI). Kompetensi tersebut merupakan pengetahuan, yaitu: (1) Kesadaran dalam bidang kognitif; (2) Pemahaman; (3) Kemampuan; (4) Nilai; (5) Sikap; dan (6) Minat.

Model acuan kurikulum berbasis KKNI terbagi kepada lima komponen, yakni:
 A.  ATITUDE (Sikap) : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk Menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman yang mencakup ketakwaan kepada Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma, Menjunjung tinggi nilai-nilai keIndonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan peningkatan kehidupan bermasyarakat, kerjasama, keperdulian terhadap sesama, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila. Dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik.

 B.   TECNIKAL KNOWLEDGE AND KOMPETENCIES ( : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk Menunjukkan pengetahuan tentang Keilmuan al-Quran dan Tafsir. Menunjukkan pengetahuan tentang Teori  dan metode penafsiran al-Quran dan hadis. Menunjukkan pengetahuan tentang dasar-dasar teori penafsiran al-Quran. MenjelaskanTeori ilmu al-Quran dan Tafsir. Mengaplikasikan pengetahuan Ilmu al-Quran dan Tafsir. Menganalisis perkembangan Ilmu alquran dan Tafsir di Indonesia.

Menganalisis perkembangan ilmu al-Quran,  Tafsir dan Hadits di dunia. Menganalisis pengintegrasian nilai-nilai keilmuan dengan keislaman dan keindonesiaan. Mampu memberikan presentasi yang jelas, padat dan berkualitas baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Mampu mengolah informasi berupa data dan fakta secara ilmiah. Mampu melakukan argumentasi ilmiah atas presentasi data yang diberikan. Mampu mengembangkan argumen dan berpikir kritis. Mampu menyajikan data dan fakta secara akurat dan kredibel. Dan Mampu menghubungkan antara data, fakta, dan teori.

 C.  PRAKTIKAL SKILLS : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang Memiliki kemampuan pedagogi dalam kaitannya dengan pembelajaran Ilmu al-Quran dan Tafsir. Dan Memiliki kemampuan mengaplikasikan teori yang diperoleh untuk menyelesaikan masalah-masalah agama secara inovatif berdasarkan alquran dan sunnah.

 D.  TRANSFERABLE/KEY SKILLS : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang Menunjukkan kemampuan komunikasi oral yang jelas dan koheren dalam kaitannya dengan Ilmu al-Quran dan Hadis. Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi baik di dalam kelas maupun forum diskusi yang lebih luas (seminar dan konferensi). Menunjukkan sikap menghargai terhadap pendapat orang lain yang disampaikan secara lisan. Menunjukkan kemampuan menulis karya ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Memiliki kemampuan menggunakan teknologi untuk kepentingan belajar. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam kelompok dan menghargai nilai kerjasama dengan orang lain. Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan sumber data dan informasi baik primer maupun sekunder. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan empati terhadap orang lain. Dan Memiliki kemampuan dalam mendapatkan, mengolah, mengendalikan, dan menganalisis data untuk berbagai kepentingan (presentasi, riset, dll.).

 E.  SKILLS FOR LIFELONG LEARNING : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok kajian dan pelajaran yang Menunjukkan kemandirian intelektual dalam perencanaan penelitian dan pemecahan masalah keagamaan. Dan Memiliki kemampuan merefleksikan kemampuan diri dalam belajar dan prestasi untuk pengembangan karirnya.

 B.  Kode Mata Kuliah
Kode mata kuliah terdiri dari tiga huruf dan tiga digit angka. Tiga huruf menunjukkan mata kuliah tersebut masuk komponen Sekolah Tinggi, komponen Program Studi atau komponen jurusan keahlian I dan II. Digit pertama dan tiga angka di belakang huruf menunjukkan level atau tingkatan mata kuliah tersebut. Digit pertama mempunyai rentangan mulai dari angka 0 sampai 7. Angka ini juga menunjukkan pengembalian mata kuliah disarankan.

 Bahkan dalam mata kuliah tertentu diwajibkan kepada mahasiswa dalam upaya menyusun bangunan ilmu pengetahuan mahasiswa STIQ An-Nur Lempuing OKI. Dua digit terakhir menunjukkan nomor mata kuliah. Nomor ini tidak menunjukkan rangking, tetapi hanya sebagai nomor pembeda dalam kelompok mata kuliah.

Keterangan Kode:
STQ
Menunjukkan mata kuliah komponen Sekolah Tinggi. Mata kuliah ini tercantum dalam kurikulum Nasional.
JQH
Menunjukkan mata kuliah komponen Program studi/Jurusan Keahlian I. Mata kuliah ini tercantum dalam  kurikulum Nasional dan kurikulum lokal.
PAT
Menunjukkan mata kuliah komponen program studi/Jurusan Keahlian II. Mata kuliah ini tercantum dalam kurikulum Nasional dan kurikulum lokal.

C.  KURIKULUM JURUSAN ILMU AL QUR`AN DAN TAFSIR
Kurikulum Jurusan Ilmu Al Qur`an dan Tafsir STIQ An-Nur Lempuing OKI mengikuti Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang berdasarkan Muatan Kurikulum, Kompetensi dan Komponen. Kurikulum Jurusan Ilmu Al Qur`an dan Tafsir ini didesain dengan beban 152  kredit, dengan Sistem Kredit Semester (SKS).
Rincian mengenai nama mata kuliah, penawaran mata kuliah persemester dan Program Learnig Outcomes mata kuliah dapat dilihat dengan seksama pada deskripsi mata kuliah dalam katalog ini.

 Kurikulum/Katalog Ilmu Al Quran dan Tafsir Tahun 2015/2020
 1.   Mahasiswa Ilmu Al Qur`an dan Tafsir yang memakai kurikulum tahun 2015 adalah mahasiswa angkatan tahun masuk 2015.
2.   Jumlah SKS untuk memperoleh gelar Sarjana Quran (S.Q) pada Jurusan Ilmu Al Qur`an dan Tafsir = 152 SKS, dengan jumlah kurikulum dasar 30 % dan kurikulum kompetensi keahlian = 70 %.
3.   Mata kuliah tersebut terdiri dari :
a.   65 Mata Kuliah yang disajikan diantaranya :
1)   63  Mata Kuliah wajib diambil dengan sistem paket, dengan jumlah 140 SKS.
2)   Mata kuliah pilihan dengan jumlah 6 SKS ; yaitu
a)    Tafsir Sufistik.
b)    Metodologi Pengajaran Tafsir dan Hadits.
c)    Qiro’at Kutub Tafsir wa Hadits.
Mahasiswa hanya diwajibkan mengambil dua mata kuliah saja dengan jumlah 4 SKS.
b.   1 riset / karya ilmiah setingkat skripsi dengan bobot 6 SKS.