Demi untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa, maka dirancang kurikulum yang akan diterapkan dari tahun aJran 2015 sd. 2020. Hal ini mengikuti struktur keilmuan yang yang berkembang saat ini. Dimana struktur keilmuan juga dibentuk untuk menggali
keunggulan akademik yang tidak parsial dalam mengajarkan dan mengembangkan ilmu
pengetahuan, tetapi komprehensif dan terintegrasi untuk mendorong pengembangan
dan penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan ruh Islam,
dan keunggulan sumber daya manusia yang berdaya saing dan kompetitif yang
berlandaskan pada visi ajaran Islam yang universal.
Karenanya kurikulum disusun menjadi rumpun-rumpun keilmuan yang berfungsi secara terpadu dan sistematis, sehingga dapat menghasilkan sarjana yang ahli dibidangnya dengan kedalaman spiritual, keluhuran moral/akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
Karenanya kurikulum disusun menjadi rumpun-rumpun keilmuan yang berfungsi secara terpadu dan sistematis, sehingga dapat menghasilkan sarjana yang ahli dibidangnya dengan kedalaman spiritual, keluhuran moral/akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
Revisi kurikulum ini mengacu kepada
pengembangan kurikulum berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI). Kompetensi tersebut merupakan pengetahuan, yaitu: (1) Kesadaran
dalam bidang kognitif; (2) Pemahaman; (3) Kemampuan; (4) Nilai; (5) Sikap; dan
(6) Minat.
Model acuan kurikulum berbasis KKNI terbagi kepada lima komponen, yakni:
A. ATITUDE (Sikap) : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan
kajian dan pelajaran untuk Menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman yang
mencakup ketakwaan kepada Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan
norma, Menjunjung tinggi nilai-nilai keIndonesiaan dan kemasyarakatan,
meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab
bernegara, dan peningkatan kehidupan bermasyarakat, kerjasama, keperdulian
terhadap sesama, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila. Dan menjunjung
tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan
akademik dan otonomi akademik.
B. TECNIKAL KNOWLEDGE AND KOMPETENCIES ( : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan
kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk Menunjukkan
pengetahuan tentang Keilmuan al-Quran dan Tafsir. Menunjukkan pengetahuan tentang Teori dan metode penafsiran al-Quran dan hadis. Menunjukkan pengetahuan tentang dasar-dasar teori penafsiran al-Quran. MenjelaskanTeori ilmu al-Quran dan Tafsir. Mengaplikasikan pengetahuan Ilmu al-Quran dan Tafsir.
Menganalisis perkembangan Ilmu alquran dan Tafsir di Indonesia.
Menganalisis perkembangan ilmu al-Quran, Tafsir dan Hadits di dunia. Menganalisis pengintegrasian nilai-nilai keilmuan dengan keislaman dan keindonesiaan. Mampu memberikan presentasi yang jelas, padat dan berkualitas baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Mampu mengolah informasi berupa data dan fakta secara ilmiah. Mampu melakukan argumentasi ilmiah atas presentasi data yang diberikan. Mampu mengembangkan argumen dan berpikir kritis. Mampu menyajikan data dan fakta secara akurat dan kredibel. Dan Mampu menghubungkan antara data, fakta, dan teori.
Menganalisis perkembangan ilmu al-Quran, Tafsir dan Hadits di dunia. Menganalisis pengintegrasian nilai-nilai keilmuan dengan keislaman dan keindonesiaan. Mampu memberikan presentasi yang jelas, padat dan berkualitas baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Mampu mengolah informasi berupa data dan fakta secara ilmiah. Mampu melakukan argumentasi ilmiah atas presentasi data yang diberikan. Mampu mengembangkan argumen dan berpikir kritis. Mampu menyajikan data dan fakta secara akurat dan kredibel. Dan Mampu menghubungkan antara data, fakta, dan teori.
C. PRAKTIKAL SKILLS : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan
kajian dan pelajaran yang Memiliki kemampuan pedagogi dalam kaitannya dengan
pembelajaran Ilmu al-Quran dan Tafsir. Dan Memiliki kemampuan mengaplikasikan teori yang diperoleh untuk
menyelesaikan masalah-masalah agama secara inovatif berdasarkan alquran dan sunnah.
D. TRANSFERABLE/KEY SKILLS : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok bahan
kajian dan pelajaran yang Menunjukkan kemampuan komunikasi oral yang jelas dan
koheren dalam kaitannya dengan Ilmu al-Quran dan Hadis. Menunjukkan partisipasi aktif dalam diskusi
baik di dalam kelas maupun forum diskusi yang lebih luas (seminar dan
konferensi). Menunjukkan sikap menghargai terhadap pendapat orang lain yang
disampaikan secara lisan. Menunjukkan
kemampuan menulis karya ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang
berlaku.
Memiliki kemampuan menggunakan teknologi untuk kepentingan belajar. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam kelompok dan menghargai nilai kerjasama dengan orang lain. Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan sumber data dan informasi baik primer maupun sekunder. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan empati terhadap orang lain. Dan Memiliki kemampuan dalam mendapatkan, mengolah, mengendalikan, dan menganalisis data untuk berbagai kepentingan (presentasi, riset, dll.).
Memiliki kemampuan menggunakan teknologi untuk kepentingan belajar. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam kelompok dan menghargai nilai kerjasama dengan orang lain. Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan sumber data dan informasi baik primer maupun sekunder. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan empati terhadap orang lain. Dan Memiliki kemampuan dalam mendapatkan, mengolah, mengendalikan, dan menganalisis data untuk berbagai kepentingan (presentasi, riset, dll.).
E. SKILLS FOR LIFELONG LEARNING : Kelompok mata kuliah ini merupakan kelompok kajian dan
pelajaran yang Menunjukkan kemandirian intelektual dalam perencanaan penelitian dan
pemecahan masalah keagamaan. Dan Memiliki kemampuan merefleksikan kemampuan
diri dalam belajar dan prestasi untuk pengembangan karirnya.
B.
Kode Mata Kuliah
Kode
mata kuliah terdiri dari tiga huruf dan tiga digit angka. Tiga huruf
menunjukkan mata kuliah tersebut masuk komponen Sekolah Tinggi, komponen Program
Studi atau komponen jurusan keahlian I dan II. Digit pertama dan tiga angka di
belakang huruf menunjukkan level atau tingkatan mata kuliah tersebut. Digit
pertama mempunyai rentangan mulai dari angka 0 sampai 7. Angka ini juga
menunjukkan pengembalian mata kuliah disarankan.
Bahkan dalam mata kuliah tertentu diwajibkan kepada mahasiswa dalam upaya menyusun bangunan ilmu pengetahuan mahasiswa STIQ An-Nur Lempuing OKI. Dua digit terakhir menunjukkan nomor mata kuliah. Nomor ini tidak menunjukkan rangking, tetapi hanya sebagai nomor pembeda dalam kelompok mata kuliah.
Bahkan dalam mata kuliah tertentu diwajibkan kepada mahasiswa dalam upaya menyusun bangunan ilmu pengetahuan mahasiswa STIQ An-Nur Lempuing OKI. Dua digit terakhir menunjukkan nomor mata kuliah. Nomor ini tidak menunjukkan rangking, tetapi hanya sebagai nomor pembeda dalam kelompok mata kuliah.
Keterangan Kode:
STQ
|
Menunjukkan
mata kuliah komponen Sekolah Tinggi. Mata kuliah ini tercantum dalam
kurikulum Nasional.
|
JQH
|
Menunjukkan
mata kuliah komponen Program studi/Jurusan Keahlian I. Mata kuliah ini
tercantum dalam kurikulum Nasional dan
kurikulum lokal.
|
PAT
|
Menunjukkan
mata kuliah komponen program studi/Jurusan Keahlian II. Mata kuliah ini
tercantum dalam kurikulum Nasional dan kurikulum lokal.
|
C.
KURIKULUM JURUSAN ILMU
AL QUR`AN DAN TAFSIR
Kurikulum Jurusan Ilmu
Al Qur`an dan Tafsir STIQ An-Nur Lempuing OKI mengikuti Kerangka Kurikulum
Nasional Indonesia (KKNI) yang berdasarkan Muatan Kurikulum, Kompetensi dan
Komponen. Kurikulum Jurusan Ilmu Al Qur`an dan
Tafsir ini didesain dengan
beban 152 kredit, dengan Sistem Kredit Semester
(SKS).
Rincian
mengenai nama mata kuliah, penawaran mata kuliah persemester dan Program
Learnig Outcomes mata kuliah dapat dilihat dengan seksama pada deskripsi mata
kuliah dalam katalog ini.
Kurikulum/Katalog Ilmu Al Quran dan Tafsir Tahun 2015/2020
1.
Mahasiswa Ilmu Al
Qur`an dan Tafsir yang memakai kurikulum
tahun 2015 adalah mahasiswa angkatan tahun masuk 2015.
2.
Jumlah SKS untuk memperoleh gelar Sarjana Quran (S.Q)
pada Jurusan Ilmu Al Qur`an dan Tafsir = 152 SKS, dengan jumlah
kurikulum dasar 30 % dan kurikulum kompetensi keahlian = 70 %.
3.
Mata kuliah tersebut terdiri dari :
a.
65 Mata Kuliah yang disajikan diantaranya :
1) 63 Mata Kuliah wajib diambil dengan sistem
paket, dengan jumlah 140 SKS.
2)
Mata kuliah pilihan dengan jumlah 6 SKS ; yaitu
a)
Tafsir Sufistik.
b)
Metodologi
Pengajaran Tafsir dan Hadits.
c)
Qiro’at Kutub
Tafsir wa Hadits.
Mahasiswa
hanya diwajibkan mengambil dua mata kuliah saja dengan jumlah 4 SKS.
b.
1 riset / karya ilmiah setingkat skripsi dengan bobot 6
SKS.