SEKILAS TENTANG STIAA

STIQ An-Nur Lempuing OKI mulai dirintis sejak tahun 2012 oleh Yayasan Pondok Pesantren An Nur. Pengajuan izin pendirian Tinggi telah diserahkan ke Dirjen Pendidikan Islam setelah melalui proses dan dukungan dari banyak kalangan.

Pada tahun 2013 dilaksanakan visitasi kelayakan proposal yang diajukan, hadir dalam visitasi dirjen pendidikan Islam dan Kopertais wilayah VII. Setelah menunggu cukup lama akhirnya pada tanggal 03 September 2014 keluarlah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor : 4917 Tahun 2014 tentang persetujuan pendirian perguruan tinggi agama Islam Swasta.

Berdasarkan izin tersebut maka diupayakan kelengkapan administrasi untuk STIQ An-Nur Lempuing OKI agar memperoleh izin operasional pada jurusan Ilmu Al Qur`an dan tafsir.

 B.     Visi,  Misi dan  Tujuan STIQ An-Nur Lempuing OKI
1.    Visi
Sebagai pusat kajian pengembangan study Ilmu Al Qur`an dan Tafsir dan kebudayaan islam yang sinergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

2.    Misi
1.    Mengembangkan Ilmu Al Qur`an dan Tafsir berlandaskan nilai-nilai keislaman yang terintegrasi kepada tuntunan zaman.
2.    Mengembangkan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman dan dengan tuntunan zaman serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat indonesia seutuhnya.
3.    Mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat yang seutuhnya.

3.    Tujuan
1.      Menyiapkan Mahasiswa yang memiliki kemampuan atau kompetensi untuk mengenali diri dan potensi serta memanfaatkannya, berkomunikasi secara efektif, belajar dari setiap kejadian dan kondisi, dan mampu Mengelola sumber daya yang tersedia. 
2.      Menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan teknik mengaplikasikan, mengembangkan, dan mengkaji ilmu tafsir Al Qur`an dengan segala aspek dan aplikasinya.
3.      Menyiapkan mahasiswa yang mampu menerapkan untuk bertanggung jawab pada karir di dalam berbagai macam lapangan kerja yang berkaitan dengan Ilmu al-Quran dan Tafsir
4.      Memiliki mahasiswa yang memiliki komitmen keilmuan dan profesionalisme sebagai tenaga pendidikan muslim yang diekspresikan dan direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

 C.     Daftar Pimpinan dan Tata Usaha
Pimpinan dan staf STIQ berjumlah 8 orang, dengan rincian sebagai berikut :
No
Nama
Jabatan
1
KH. Syamsuddin, S.Ag, M.Pd.I
Ketua
2
Mujib, S.Ag, M.Pd.I
Pembantu Ketua I
3
Fatkhu Rahman, S.Th.I, M.Pd.I
Pembantu Ketua II
4
Zaenuri, M.Pd.I
Pembantu Ketua II
5
Turhamun, S.Ag, M.Pd.I
Ketua Prodi
6
Komarudin, S.Pd.I
Kepala Bagian Tata Usaha
7
Muhamad Ikhsan, S.Pd, M.Si
Kasubbag BAAK dan Alumni
8
M. Ashar, S.Pd.I
Kasubbag Umum dan Kepegawaian

 D.    Daftar Dosen
Dosen di STIQ An-Nur Lempuing OKI berjumlah 25 orang, dengan rincian sebagai berikut:

1.    Dosen Sesuai Prodi
No.
Nama Dosen
Tgl. Lahir
Gelar Akademik
Pendidikan Terakhir  dan Asal PT

(1)
(2)
(4)
(5)
(6)

1.                     
Nazarmanto
15.09.1977
MA
S2. Univ. Amir Abdel Kader Al Jazair

2.                     
Nurjanah
23.11.1981
M.Ud
Univ. Malaya Malaysia

3.                     
Tri Handayani
31.03.1979
M.Ud
Univ. Malaya Malaysia

4.                     
Ahmad Syarif H
16.05.1985
M.Pd.I
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

5.                     
Fathu Rahman,
01.01.1978
S. Th.I
M.Pd.I
Univ. Darul Ulum

6.                     
Zainul Arifin
18.01.1988
M.Ud
Univ. Darul Ulum