Tips Menjadi Pribadi Guru Menyenangkan

Guru menyeangkan adalah guru yang menunjukkan sikap dan perilaku menyenangkan bagi diri dan siswanya, baik saat pembelajaran berlangsung maupun diluar pembelajaran. yang dimaksud menyenangkan adalah menyenangkan dalam sikap, penampilan, perilaku serta pembelajaran yang efektif dan efesien.

berikut itps agar menjadi guru yang menyenangkan :
1. Proaktif Mampu mengambil insiatif disertai tanggung jawab atas keadaan yang dihadapinya. ia berpikir pada peluang saat menghadapi situasi sulit sekalipun. ia bertindak dengan nilai-nilai, bukan atas dasar perasaan.

2. Cerdas. Orang cerdas pasti pintar akan tetapi orang pintar belum tentu cerdas. memiliki banyak pengetahuan disertai dengan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuannya itu untuk menolong diri dan lingkungannya dalam menghadapi setiap situasi.

3. Empati dapat membayangkan pikiran dan perasaan siswa menurut persepsi mereka bukan menurut persepsi guru, misalnya dalam proses pembelajaran merancang dan melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan alam berpikir dan perasaan siswa.

4. Bijakasana : menghadapi persoalan dengan mempertimbangkan akal sehat dan mendasarkan pada ilmu pengetahuan. jangan reaktif dan emosional.

5. Kreatif dan Inovatif, mampu menciptakan sesuatu yang baru dan unik, kaya akan gagasan dan cara dalam menghadapi setiap persolan.

6. selalu belajar, selalu mengasah pikirannya dengan belajar spanjang waktu, selalu merasa ringan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran baik.

7. Humoris, selalu memberikan selingan humor yang mendidik kepada siswanya agar tidak bosan dengan apa yang mereka pelajari.

8. Bersahabat, senang bergaul dengan siswa, akrab karena ini akan menimbulkan komunikasi yang efektif sehingga siswa lebih semangat dalam belajar. karena siswa saat ini lebih senang dengan orang yang mau bersahabat dengan mereka.

9. Mengetahui Kebutuhan Siswa, mampu mengetahui kebutuhan fisik dan psikologis siswa. misalnya siswa ingin buang ari kecil guru tidak boleh melarangnya karena itu kebutuhan dasar siswa. memuji dinilai karyanya didukung, dipercaya dan diperlakukan secara adil. 

demikian tulisan sederhana ini semoga bermanfaat baca juga  Tipe Guru Ditinjau dari Motivasi Menjadi Guru