Cara Menciptakan Kelas Konstruktivistik

Untuk menciptakan kelas menjadi lingkungan yang konstruktivistik, guru perlu melakukan perubahan pandangan terhadap tujuan pendidikan. dengan melaksanakan hal-hal seperti : Guru memberikan ksempatan kepada siswa untuk mencari pengalaman pada saat proses pembentukan pengetahuan berlangsung. guru perlu mnumbuhkan sikap bertanggung jawab pada diri siswa dengan mendorong mereka mengembangkan topik dan sub topik yang sesuai dengan minat mereka masing-masing.


guru melatih siswa berpengalaman dan membiasakan mereka menghargai kondisi dan perspektif yang berbeda karena keadaan yang nyata jarang sekali memiliki perspektif tunggal. menghubungkan belajar dengan konteks yang reaalistis dan relevan. guru harus dapat membawa siswa untuk menghubungkan materi pelajaran dengan dunia nyata yang dimiliki siswa.

melatih siswa menghargai pendapat dan temuannya sendiri. untuk itu, guru mendorong siswa untuk berani menetapkan apa yang akan dipelajari, isu apa yang menarik, cara apa yang akan di tempuh dan bagaimana merumuskan tujuan yang hendak di capai. kemudian menciptakan suasana belajar yang berada dalam suasana interaksi sosial. mendorong siswa untuk berani menggunakan bentuk penyajian yang berbeda. dan mendorong siswa untuk senantiasa menyadari proses terbentuknya pemahaman dan pengetahuan dalam diri mereka.

selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka pembelajaran konstruktivistik yaitu :
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan gagasan dengan bahasanya sendiri.
  2. memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir tentang pengalamannya sehingga menjadi lebih kreatif dan imajinatif.
  3. memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba gagasan baru.
  4. memberi pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa.
  5. mendorong siswa untuk memikirkan perubahan gagasan mereka
  6. menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
demikian tulisan singkat saya semoga bermanfaat baca juga artikel lainnya Tips Menjadi Pribadi Guru Menyenangkan