Seni Mengelola Kelas

Kelas merupakan salah satu tempat belajar terpenting bagi siswa dan tempat mengjar bagi guru, oleh sebab itu bagi siswa maupun guru, kelas hendaknya dipandang sebagai tempat istimewa yang harus selalu menyenangkan di dalamnya. untuk mencapai tujuan tersebut guru hendaknya menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan efektif untuk pembelajaran. ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam mengelola kelas.

membuat dan menegakkan aturan
sebelum melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas, guru hendaknya membuat atau menegakan aturan. kelas yang tidak terdapat aturan didalamnya akan berpengaruh terhadap sikap siswa

Menertibkan Suasana Kelas
Keadaan kelas sangat memperngaruhi proses pembelajjaran. apabila kelas dalam keadaan kotor dan tidak teratur, pembelajaran akan terganggu. dan seblaiknya jika kelas dalam keadaan bersih dan teratur , kita akan merasa nyaman di dalamnya.

Memberikan reward dan Reinforcement
Reward dan reinforcement merupakan dua hal yang sangat penting dalam menghidupkan suasana pembelajaran. pemberian reward dan reinforcement dapat dilakukan secara fisik material maupun secara psikologis. secara material dapat dilakukan dengan memberikan hadiah berupa permen, alat tulis, kartu bonus prestasi, beasiswa ddan sebagainya. secara psikologis dapat dilakukan dengan memberikan pujian dengan kata-kata, pujian dengan gestural atau gerakan tubuh.

Variatif dalam menggunakan metode dan media
untuk dapat memilih dan memvariasikan media dan metode pembelajaran yang tepat, seorang guru haruslah memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai metode dan media dengan karakteristiknya masing-masing.

Ketrampilan Bertanya
Keterampilan bertanya merupakan salah satu senjata bagi guru yang cukup penting dalam proses pembelajaran. smakin cerdas guru mengajukan pertanyaan dan menggunakan pertanyaan, semakin asyik proses pembelajaran berlangsung.

Mengenali Nama Siswa
seorang guru hendaknya hafal dan mengenali nama setiap siswanya yang benar. panggilah siswa anda dengan nama mereka yang benar, pasti mereka menyenangi anda.
Mengembangkan Sikap Humor dan mengendalikan siswa agar tetap belajar.

demikian tulisan singkat ini semoga memberi manfaat