KURIKULUM BERBASIS KKNI
Mata Kuliah : Ilmu
Kalam
Kode Mata Kuliah :
JQH 201
Matrix :
PLO. 01
Jurusan/Prodi :
Ilmu Al Qur`an dan Tafsir
Program : Strata 1
Bobot :
2 SKS
A. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami
tentang aliran-aliran ilmu kalam serta mampu menjelaskan tentang perbedaan
pemikiran yang terdapat di antara aliran-aliran tersebut
B. Kompetensi Dasar
1.
Pengetahuan
Mahasiswa memahami
tentang asal-usul atau penyebab terjadinya ilmu kalam, serta mampu menjelaskan
tentang beberapa aliran yang ada serta perbedaan pendapat yang terdapat di
antara para pemimpin aliran-aliran ilmu kalam tersebut.
2.
Sikap
Mahasiswa memiliki
keyakinan dan pendapat yang kuat tentang ajaran yang mereka anut, sehingga
tidak terjebak pada pemikiran atau pendapat para mutakallimin yang
mungkin kurang sesuai dengan akidah yang benar
3.
Keterampilan
Mahasiswa mampu
membedakan antara pendapat-pendapat yang dilontarkan oleh para mutakallimin
tersebut, mana yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalankan ajaran Islam
dalam kehidupan sehari-hari atau hanya sekedar ilmu pengetahuan saja.
C. Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan
mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ilmu kalam ini adalah mahasiswa dapat
:
1.
Menejelaskan pengertian
ilmu kalam
2.
Menjelaskan kerangka
berfikir aliran-aliran ilmu kalam
3.
Memaparkan hubungan
antara ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf
4.
Menguraikan dasar-dasar
al-Qur’an dan sejarah timbulnya ilmu kalam
5.
Menjelaskan
pemikiran-pemikiran aliran-aliran Khawarij, Murji’ah, Jabariyah, Qadariyah,
Mu’tazilllah, dan Syi’ah
6.
Menguraikan tentang
pemikiran ulama salaf seperti Ibnu Hanbal dan Ibnu Taimiyah serta pemikiran
ulama khalaf seperti Abu Hasan Al-’asy’ari (Asy’ariyah) dan abu Mansur
al-Maturidi (Maturidiyah)
7.
Menjelaskan
perbedaan-perbedaan pendapat antara aliran-aliran tersebut tentang pelaku dosa
besar
8.
Memaparkan iman dan kufur
menurut pendapat aliran-aliran tersebut
9.
Menjelaskan perbuatan
Tuhan dan perbuatan manusia
10. Menjelaskan sifat-sifat Tuhan
11. Memaparkan kehendak mutlak dan
keadilan Tuhan
12. Menjelaskan konsep kekhalifahan
sebagai manifestasi iman dalam seluruh aspek kehidupan manusia
13. Menjelaskan pemikiran ulama modern
seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan, dan Iqbal
14. Menjelaskan pemikiran Hasan Hanafi,
Ismail al-Faruqi dan HM Rasyidi tentang ilmu kalam masa kini.
D. Tujuan Mata Kulah
Setelah mempelajari mata
kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan pendapat antara
aliran yang satu dengan aliran yang lain tentang permasalahan yang sama.
Mahasiswa juga diharapkan dapat memiliki akidah yang mantap dan benar sehingga
dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
E. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas
tentang aliran-aliran ilmu kalam untuk memberikan masukan bagi mahasiswa agar
tidak memiliki pemahaman ajaran agama yang keliru seperti yang dipahami oleh
beberapa tokoh pengikut aliran-aliran tersebut. Dalam memberikan pemahaman yang
benar kepada para mahasiswa maka akan disajikan pendapat-pendapat para ulama
yang berdasarkan kepada al-Qur’an dan Hadits yang shahih dan tidak hanya
berdasarkan akal semata.
Pendeskripsian pokok
bahasan dalam mata kuliah ini disistematikan sebagai berikut :
1.
Pengantar kajian ilmu
kalam :
a.
Pengertian ilmu kalam
b.
Dasar-dasar al-Qur’an
dan sejarah timbulnya ilmu kalam
c.
Kerangka berfikir
aliran-aliran ilmu kalam
d.
Hubungan ilmu kalam,
filsafat dan tasawuf
2.
Aliran-aliran dalam ilmu
kalam
a.
Khawarij
dan Murji’ah
b.
Jabariyah
dan Qodariyah
c.
Mu’tazillah
dan Syi’ah
d.
Salaf
dan Khalaf
3.
Nasib pelaku dosa besar
4.
Pengertian iman dan
kufur
5.
Hal-hal yang berhubungan
dengan Tuhan
a.
Perbuatan Tuhan dan
perbuatan manusia
b.
Sifat-sifat Tuhan
c.
Kehendak mutlak dan
keadilan Tuhan
6.
Konsep kekhalifahan
sebagai manifestasi iman dalam segala aspek kehidupan
7.
Pemikiran kalam ulama
modern seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan dan Muhammad Iqbal.
8. Ilmu kalam masa kini menurut
pendapat Hasan Hanafi, Ismail al-Faruqi dan HM Rasyidi
F. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran
mata kuliah ilmu kalam ini lebih dititikberatkan pada ceramah, tanya jawab,
diskusi dan penugasan, dengan penjabaran sebagai berikut :
1.
Agar mahasiswa mampu
memahami pengertian ilmu kalam, strategi yang dilakukan adalah dengan ceramah
dan tanya jawab.
2.
Agar mahasiswa mampu
memahami kerangka berfikir aliran-aliran ilmu kalam maka cara yang digunakan
adalah dengan ceramah dan tanya jawab
3.
Agar mahasiswa mampu
memahami hubungan ilmu kalam, filsafat dan tasawuf, strategi yang digunakan
adalah dengan ceramah dan tanya jawab
4.
Agar mahasiswa mampu
memahami dasar-dasar al-Qur’an dan sejarah timbulnya ilmu kalam maka
perkuliahan memakai strategi ceramah dan tanya jawab.
5.
Agar mahasiswa mampu
memahami pemikiran aliran-aliran Khawarij, Murji’ah, Jabariyah, Qodariyah,
Mu’tazillah dan Syi’ah, strategi yang digunakan adalah dengan
ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
6.
Agar mahasiswa mampu
memahami pemikiran ulama salaf seperti Ibnu Hanbal dan Ibnu Taimiyah serta
pemikiran ulama khalaf seperti Abu Hasan al-Asy’ari (Asy’ariyah) dan Abu
Mansur al-Maturidi (Maturidiyah), maka strategi yang digunakan adalah
dengan ceramah, tanya jawab dan diskusi
7.
Agar mahasiswa mampu
memahami dan menjelaskan perbedaan pendapat di antara aliran-aliran tersebut
tentang kedudukan pelaku dosa besar, strategi yang digunakan adalah dengan
ceramah dan tanya jawab
8.
Agar mahasiswa mampu
memahami pengertian iman dan kufur maka strategi pembelajaran adalah dengan
ceramah, tanya jawab
9.
Agar mahasiswa mampu
memahami dan menguraikan tentang perbuatan Tuhan pembuatan manusia, maka
strategi yang dipakai dengan ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
10. Agar mahasiswa mampu memahami
sifat-sifat Tuhan, strategi yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab,
penugasan dan diskusi
11. Agar mahasiswa memahami kehendak
mutlak serta keadilan Tuhan, strategi yang dipakai adalah ceramah, tanya jawab,
penugasan dan diskusi
12. Agar mahasiswa mampu memahami dan
menjelaskan tentang konsep kekhalifahan sebagai manifestasi iman dalam segala
aspek kehidupan strategi yang digunakan adalah dengan ceramah, tanya jawab,
diskusi dan penugasan
13. Agar mahasiswa mampu memahami dan
menguraikan pemikiran kalam ulama modern seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan dan
Iqbal, strategi yang digunakan adalah dengan ceramah, tanya jawab, diskusi dan
penugasan
14. Agar mahasiswa mampu memahami dan
menjelaskan ilmu kalam masa kini yang mengacu pada pendapat Hasan Hanafi,
Ismail al-Faruqi dan HM Rasyidi strategi pembelajaran yang dilakukan adalah
dengan ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
G. Penilaian
Penilaian dilakukan
dengan mempertimbangkan 4 komponen penilaian meliputi :
1.
Kehadiran dan keaktifan
dalam mengikuti perkuliahan : 10 %
2.
Ujian Mid Semester :
20 %
3.
Tugas Akademik
(Pembuatan makalah dan penugasan) : 20 %
4.
Ujian Akhir Semester : 50 %
Jumlah : 100%
Jenis dan bentuk
penialian :
1.
Tes tertulis (untuk mid
dan akhir semester) bentuk soal essay
2.
Tes penugasan (untuk
pembuatan tugas aakdemik dan makalah)
3.
Pengamatan (untuk
keaktifan belajar)
H. Referensi
1.
Al-Asy’ari, Abu
al-Hasan’Ali Ismail, Maqalat al-Islamiyyin wa Iktilaf al-MJQHallin
2.
Al-Syahrastani, Abu
Bakar Ahmad, al-Milal wa al-Nihal