SAP Mata Kuliah Ilmu kalam


SILABUS PEMBELAJARAN
KURIKULUM BERBASIS KKNI
Mata Kuliah                  :   Ilmu Kalam
Kode Mata Kuliah         :   JQH  201
Matrix                           :   PLO. 01
Jurusan/Prodi              :   Ilmu Al Qur`an dan Tafsir
Program                       :   Strata 1
Bobot                           :   2 SKS

A.  Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami tentang aliran-aliran ilmu kalam serta mampu menjelaskan tentang perbedaan pemikiran yang terdapat di antara aliran-aliran tersebut

B.  Kompetensi Dasar
1.   Pengetahuan
Mahasiswa memahami tentang asal-usul atau penyebab terjadinya ilmu kalam, serta mampu menjelaskan tentang beberapa aliran yang ada serta perbedaan pendapat yang terdapat di antara para pemimpin aliran-aliran ilmu kalam tersebut.
2.   Sikap
Mahasiswa memiliki keyakinan dan pendapat yang kuat tentang ajaran yang mereka anut, sehingga tidak terjebak pada pemikiran atau pendapat para mutakallimin yang mungkin kurang sesuai dengan akidah yang benar
3.   Keterampilan
Mahasiswa mampu membedakan antara pendapat-pendapat yang dilontarkan oleh para mutakallimin tersebut, mana yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari atau hanya sekedar ilmu pengetahuan saja.

C.  Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ilmu kalam ini adalah mahasiswa dapat :
1.   Menejelaskan pengertian ilmu kalam
2.   Menjelaskan kerangka berfikir aliran-aliran ilmu kalam
3.   Memaparkan hubungan antara ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf
4.   Menguraikan dasar-dasar al-Qur’an dan sejarah timbulnya ilmu kalam
5.   Menjelaskan pemikiran-pemikiran aliran-aliran Khawarij, Murji’ah, Jabariyah, Qadariyah, Mu’tazilllah, dan Syi’ah
6.   Menguraikan tentang pemikiran ulama salaf seperti Ibnu Hanbal dan Ibnu Taimiyah serta pemikiran ulama khalaf seperti Abu Hasan Al-’asy’ari (Asy’ariyah) dan abu Mansur al-Maturidi (Maturidiyah)
7.   Menjelaskan perbedaan-perbedaan pendapat antara aliran-aliran tersebut tentang pelaku dosa besar
8.   Memaparkan iman dan kufur menurut pendapat aliran-aliran tersebut
9.   Menjelaskan perbuatan Tuhan dan perbuatan manusia
10. Menjelaskan sifat-sifat Tuhan
11. Memaparkan kehendak mutlak dan keadilan Tuhan
12. Menjelaskan konsep kekhalifahan sebagai manifestasi iman dalam seluruh aspek kehidupan manusia
13. Menjelaskan pemikiran ulama modern seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan, dan Iqbal
14. Menjelaskan pemikiran Hasan Hanafi, Ismail al-Faruqi dan HM Rasyidi tentang ilmu kalam masa kini.

D.  Tujuan Mata Kulah
Setelah mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan pendapat antara aliran yang satu dengan aliran yang lain tentang permasalahan yang sama. Mahasiswa juga diharapkan dapat memiliki akidah yang mantap dan benar sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

E.  Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang aliran-aliran ilmu kalam untuk memberikan masukan bagi mahasiswa agar tidak memiliki pemahaman ajaran agama yang keliru seperti yang dipahami oleh beberapa tokoh pengikut aliran-aliran tersebut. Dalam memberikan pemahaman yang benar kepada para mahasiswa maka akan disajikan pendapat-pendapat para ulama yang berdasarkan kepada al-Qur’an dan Hadits yang shahih dan tidak hanya berdasarkan akal semata.
Pendeskripsian pokok bahasan dalam mata kuliah ini disistematikan sebagai berikut :
1.   Pengantar kajian ilmu kalam :
a.   Pengertian ilmu kalam
b.   Dasar-dasar al-Qur’an dan sejarah timbulnya ilmu kalam
c.   Kerangka berfikir aliran-aliran ilmu kalam
d.   Hubungan ilmu kalam, filsafat dan tasawuf
2.   Aliran-aliran dalam ilmu kalam
a.   Khawarij dan Murji’ah
b.   Jabariyah dan Qodariyah
c.   Mu’tazillah dan Syi’ah
d.   Salaf dan Khalaf
3.   Nasib pelaku dosa besar
4.   Pengertian iman dan kufur
5.   Hal-hal yang berhubungan dengan Tuhan
a.   Perbuatan Tuhan dan perbuatan manusia
b.   Sifat-sifat Tuhan
c.   Kehendak mutlak dan keadilan Tuhan
6.   Konsep kekhalifahan sebagai manifestasi iman dalam segala aspek kehidupan
7.   Pemikiran kalam ulama modern seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan dan Muhammad Iqbal.
8.   Ilmu kalam masa kini menurut pendapat Hasan Hanafi, Ismail al-Faruqi dan HM Rasyidi

F.   Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran mata kuliah ilmu kalam ini lebih dititikberatkan pada ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan, dengan penjabaran sebagai berikut :
1.   Agar mahasiswa mampu memahami pengertian ilmu kalam, strategi yang dilakukan adalah dengan ceramah dan tanya jawab.
2.   Agar mahasiswa mampu memahami kerangka berfikir aliran-aliran ilmu kalam maka cara yang digunakan adalah dengan ceramah dan tanya jawab
3.   Agar mahasiswa mampu memahami hubungan ilmu kalam, filsafat dan tasawuf, strategi yang digunakan adalah dengan ceramah dan tanya jawab
4.   Agar mahasiswa mampu memahami dasar-dasar al-Qur’an dan sejarah timbulnya ilmu kalam maka perkuliahan memakai strategi ceramah dan tanya jawab.
5.   Agar mahasiswa mampu memahami pemikiran aliran-aliran Khawarij, Murji’ah, Jabariyah, Qodariyah, Mu’tazillah dan Syi’ah, strategi yang digunakan adalah dengan ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
6.   Agar mahasiswa mampu memahami pemikiran ulama salaf seperti Ibnu Hanbal dan Ibnu Taimiyah serta pemikiran ulama khalaf seperti Abu Hasan al-Asy’ari (Asy’ariyah) dan Abu Mansur al-Maturidi (Maturidiyah), maka strategi yang digunakan adalah dengan ceramah, tanya jawab dan diskusi
7.   Agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perbedaan pendapat di antara aliran-aliran tersebut tentang kedudukan pelaku dosa besar, strategi yang digunakan adalah dengan ceramah dan tanya jawab
8.   Agar mahasiswa mampu memahami pengertian iman dan kufur maka strategi pembelajaran adalah dengan ceramah, tanya jawab
9.   Agar mahasiswa mampu memahami dan menguraikan tentang perbuatan Tuhan pembuatan manusia, maka strategi yang dipakai dengan ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
10. Agar mahasiswa mampu memahami sifat-sifat Tuhan, strategi yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
11. Agar mahasiswa memahami kehendak mutlak serta keadilan Tuhan, strategi yang dipakai adalah ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
12. Agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang konsep kekhalifahan sebagai manifestasi iman dalam segala aspek kehidupan strategi yang digunakan adalah dengan ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan
13. Agar mahasiswa mampu memahami dan menguraikan pemikiran kalam ulama modern seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan dan Iqbal, strategi yang digunakan adalah dengan ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan
14. Agar mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan ilmu kalam masa kini yang mengacu pada pendapat Hasan Hanafi, Ismail al-Faruqi dan HM Rasyidi strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi
G.  Penilaian
Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan 4 komponen penilaian meliputi :
1.   Kehadiran dan keaktifan dalam mengikuti perkuliahan        :   10 %
2.   Ujian Mid Semester                                                          :   20 %
3.   Tugas Akademik (Pembuatan makalah dan penugasan)     :   20 %
4.   Ujian Akhir Semester                                                        :   50 %
                                                       Jumlah                          :  100%
Jenis dan bentuk penialian :
1.   Tes tertulis (untuk mid dan akhir semester) bentuk soal essay
2.   Tes penugasan (untuk pembuatan tugas aakdemik dan makalah)
3.   Pengamatan (untuk keaktifan belajar)

H.  Referensi
1.   Al-Asy’ari, Abu al-Hasan’Ali Ismail, Maqalat al-Islamiyyin wa Iktilaf al-MJQHallin
2.   Al-Syahrastani, Abu Bakar Ahmad, al-Milal wa al-Nihal