SAP Mata Kuliah Ilmu AL Qur`an Dan Tafsir


Mata Kuliah            : Metodologi Studi Islam
Kode Mata Kuliah  : STQ 201
Matrix                     : PLO. 8 dan 13
Jurusan/Prodi          : Ilmu Al Qur`an dan Tafsir
Program                  : Strata 1
Bobot                      : 2 SKS



A. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami secara benar tentang konsep dan pendekatan studi Islam.

B. Kompetensi Dasar
1. Pengetahuan Mahasiswa memiliki pengetahuan secara benar tentang konsep, pendekatan dan perkembangan studi Islam
2. Sikap Mahasiswa memiliki sikap yang tegas sehingga dapat mengklasifikasikan pendekatan dalam studi Islam
3. Keterampilan Mahasiswa memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menerapkan pendekatan secara tepat dalam studi Islam dan mengaplikasikan ilmu-ilmu bantu sebagai pendekatan dalam studi Islam

C. Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah dapat :
1. Menjelaskan ruang lingkup studi Islam
2. Mampu mendeskripsikan perkembangan studi Islam 3. Mengklasifikasikan pendekatan dalam studi Islam
4. Menerapkan pendekatan secara tepat dalam studi Islam
5. Mengapresiasikan ilmu-ilmu bantu sebagai pendekatan dalam studi Islam
6. Mengaplikasikan ilmu-ilmu bantu sebagai pendekatan dalam studi Islam

D. Tujuan Mata Kuliah
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui dan memahami konsep, pendekatan dan perkembangan studi Islam secara lebih akurat dan komprehensip, menyadari pentingnya studi Islam. Sehingga dapat mengklasifikasikan pendekatan dalam studi Islam.

E. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas pokok-pokok sejarah pertumbuhan dan perkembangan Islam, Adapun sistematika pendeskripsian mata kuliah adalah sebagai berikut :

1. Studi Islam : Arti etimologi dan terminologi
2. Islam sebagai obyek kajian
3. Sejarah perkembangan studi Islam
    a. Studi Islam di Dunia Islam
    b. Perkembangan Studi Islam di Dunia Barat
    c. Perkembangan Studi Islam di Indonesia

4. Kajian Sumber Islam : Al-Qur’an dan as-Sunnah

5. Disiplin keilmuan dalam Islam
    a. Rumpun Bayani : Ilmu bahasa, fiqh, ushul fiqh dan kalam
    b. Rumpun Burhani : Filsafat, ilmu-ilmu kealaman, ilmu riyadliyat, falak, geografi dan sosial
    c. Rumpun Irfani : Akhlak dan tasawuf

6. Pendekatan dalam studi Islam
    a.Pendekatan normatif
    b. Pendekatan ilmu-ilmu sosial dan humaniora
    c. Pendekatan interdisiplin
7. Studi Islam dan isu-isu aktual

F. Strategi pembelajaran Adapun startegi pembelajaran dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mata kuliah ini lebih dititik beratkan pada ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Beberapa strategi pembelajaran yang digunakan sebagai berikut : interactive lecturing the power of two, snowbolling, point-counterpoint, listening team, dynamic true-false, giving question, getting answer, dll.

G. Penilaian Pengambilan nilai melalui evaluasi yang didasarkan pada 4 kriteria:
1. Absensi dan keaktifan dalam belajar di kelas : 10 %
2. Ujian Mid : 20 %
3. Tugas Akademik : 20 %
4. Ujian Akhir Semester : 50 % Jumlah : 100 % Jenis dan bentuk penialian :
1. Tes tertulis (untuk mid dan akhir semester) bentuk soal essay
2. Tes penugasan (untuk tugas aakdemik berupa makalah)
3. Pengamatan (untuk keaktifan belajar) H.

Referensi
1. Atang Abdul Hakim dan Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam.
2. Atho Muzhar, Metodologi Studi Islam
3. Harun Nasution, Islam di Tinjau dari Berbagai Aspeknya
4. Issa J. Boullata (ed) An Anthology of Islamic Studies
5. M. Amin Abdullah, Tafsir Baru Studi Islam dalam Era Multikultural
6. M.Amin Abdullah, Studi Agama: Normatif-Historis
7. Ricardh Martin, Approaches to Islam and Religion Studies
8. Stephen Humpreys, Islamic Histories : A framework for Inquiry
9. Taufik Abdullah dan Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar