Cara Kegiatan pra Pembelajaran yang baik

Pra pembelajaran dan kegiatan pendahuluan atau kegiatan awal berbeda. kegiatan ini merupakan kegiatan pendahuluan sebelum belajar di mulai yang diarahkan untuk menyiapkan siswa mengikuti pelajaran. Kegiatan prapembelajaran bersifat umum dan tidak ada kaitan langsung dengan kompetensi atau materi yang akan di bahas dalam kegiatan inti pembelajaran.


Cara melaksanakan kegiataan pra pembelajaran yang baik yaitu :

menciptakan suasana kelas yang menarik. Kondisi belajar dapat dipengaruhi oleh sikap guru di depan kelas. Guru harus memperlihatkan sikap yang menyenangkan supaya siswa tidak mersa tegang, kaku, bahkan takut mengikuti pelajaran. selain itu kelas juga harus dipersiapkan dan di tata alat-fasilitas yang memudahkan siswa beraktivitas belajar dalam kelas.

Memeriksa kehadiran siswa. jika guru sudah hafal dengan semua siswanya cara mengecek kehadiran siswa cukup bertanya kepada siswa yang hadir tentang siapa yang tidak masuk dan alasan ketidakhadirannya.

Menciptakan kesiapan belajar siswa. hal yang dapat dilakukan guru pada kegiatan ini yaitu membantu atau membimbing siswa dalam mempersiapkan fasilitas/sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar, menciptakan kondisi belajar untuk meningkatkan perhatian siswa dalam belajar, menunjukkan minat dan penuh semangat tinggi dalam mengajar, mengontrol (mengelola) seluruh aktivitas siswa mulai dari awal samppai akhir pembelajaran, menggunakan berbagai media dan mengembangkan kegiatan belajar yang memungkinkan siswa dapat melakukannya.

Menciptakan Suasana belajar yang demokratis. guru harus membimbing siswa agar berani menjawab, berani bertanya, berani berpendapat atau berani mengeluarkan ide-ide, dan berani memperlihatkan unjuk kerja (performance). kegiatan yang dapat dilakukan pada kegiatan prapembelajaran diantaranya mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab siswa atau meminta siswa untuk berpendapat atau mengeluarkan gagasan.