Cara Melaksanakan Kegiatan Akhir Pembelajaran yang Baik

Setelah kegiatan pra pembelajaran, awal pembelajaran, dan kegiatan inti pembelajaran selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan akhir pembelajaran. kegiatan akhir pembelajaran tidak hanya diartikan untuk menutup pelajaran. yang lebih penting adalah untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap kompetensi yang diharapkan. Dengan melakukan kegiatan akhir pemblejaran guru akan mengetahui kompetensi yang sudah dan yang belum dikuasai siswa. kegiatan yang biasa dilakukan guru dalam kegiatan akhir ini adalah memberikan tes baik tertulis maupun lisan.


Selain hal diatas guru hendaknya melakukan kegiatan akhir pembelajaran agar siswa memperoleh gambaran yang utuh tentang pokok-pokok materi yang sudah dipelajari. kegiatan tersebut berupa kegiatan meninjau kembali penguasaan siswa.

hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan akhir minimal adalah :

Pertama meninjau kembali penguasaan siswa. Untuk meninjau kembali penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari, guru dapat melakukan dua cara yaitu merangkum (menyimpulkan) pokok materi atau membuat ringkasan materi pelajaran. Kegiatan merangkum dan membuat ringkasan sebaiknya dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru sehingga pada saat membuat rangkuman atau kesimpulan atau ringkasan itu salah atau kurang sempurna guru dapat membenarkannya. rangkuman atau ringkasan hendaknya memperhatikan :

Beorientasi pada acuan hasil belajar dan kompetensi dasar, singkat, jelas dan bahasa (tulis/lisan) mudah dipahami, kesimpulan/rangkuman/ringkasan tidak keluar dari topik yang telah dibahas, dan dapat menggunakan waktu sesingkat mungkin.

Kedua melaksanakan penilaian. Kegiatan penilaian dalam proses pembelajaran merupakan kegiatan mutlak yang harus dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran. Melalui kegiatan penilaian akhr guru akan mengetahui tercapai tidaknya kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa. Oleh karena itu guru perlu memiliki kemampuan dalam meniali hasil belajar siswa. Untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap kompetensi yang diharapkan, guru dapat memberikan tes atau meminta siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang dibahas.



waktu yang tersedia untuk kegiatan akhir dan tindak lanjut relatif singkat, maka guru perlu mengidentifikasi kegiatan teknik yang dianggap tepat untuk menilai penguasaan siswa. dalam prosesnya guru dapat melakasanakan secara lisan maupun tertulis. Apabila waktu yang dimiliki tidak banyak, guru dapat menunjuk beberapa siswa yang dianggap representatif (mewakili) seluruh siswa untuk menjawab pertanyaan secara lisan atau membuat kesimpulan. Atau apabia waktunya cukup banyak dan memadai guru dapat melakukan penilaian secara tertulis.