Tips Membuka Pelajaran Menyenangkan

Sebelum melakukan pembelajaran di awal seorang guru akan melaksankan kegiatan untuk membuka pelajaran. ada beberapa ketrampilan yang harus dikuasai oleh seorang guru dalam membuka pelajaran. kali ini saya akan share tentang tips untuk membuka peljaran agar menyenangkan.


Pertama Tarik perhatian siswa. hal yang bisa dilakukan yaitu menvarriasikan gaya mengajar guru misal dengan menvariasikan suara dari rendah ke tinggi atau dengan mengubah temppat duduk dari depan ke tengah bisa juga dengan gerak dan mimik muka, menggunakan alat bantu mengajar yang dapat menarik perhatian siswa, penggunaan pola interaksi yang bervariasi misal pemberian tugas singkat yang harus dikerjakan secara indiviidu.

Kedua tumbuhkan/timbulkan motivasi siswa. hal hal yang dapat dilakukan dalam menimbulkan motivasi siswa yaitu dengan bersikap hangat dan antusias, membangkitkan rasa ingin tahu siswa, mengemukakan ide yang bertentangan, memperhatikan minat siswa dan lain sebagainya.

Ketiga beri acuan. hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topik atau kgiatan yang akan dipelajari siswa dalam pelajaran tersebut. caranya dengan mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas, menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan, mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas, dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

Keempat  buat kaitan. salah satu aspek yang membuat pelajaran jadi bermakna adalah jika pelajaran tersebut dikaitkan dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa. cara untuk membuat kaitan dengan meninjau kembali pemahaman siswa tentang aspek-aspek yang telah diketahui dari materi baru yang akan dijelaskan, memberi kaitan materi baru dengan materi yang sudah diketahui siswa atau apabaila konsep yang akan dijelaskan sama sekali baru maka garis besar konsep ini dijelaskan terlebih dahulu. 

Demikian sedikit pengetahuan penulis yang dapat saya sampaikan bukan bermaksud menggurui tetapi pada kenyataanya jarang sekali guru yang mengerti akan hal ini atau mengerti tetapi tidak melaksanakannya dalam pembelajaran.