trik menjalankan Kegiatan inti Pembelajaran klasikal

Setelah melaksanakan kegiatan pra pembelajaran dan kegiatan awal pembelajaran tahapan selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan inti pembelajaran klasikal. cara melaksanakan kegiatan ini yang baik adalah :

Pertama, menyajikan (presentasi) bahan pelajaran dengan ceramah bervarasi. penjelasan guru tentang materi pelajaran harus dapat disimak oleh seluruh siswa dalam kelas. Selama menjelaskan guru hendaknya tidak terus menerus berbicara tetapi selang beberapa menit selalu memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya atau guru sendiri mengajukan pertanyaan kepada siswa. Setelah merasa yakin siswa memahami materi yang dijelaskan, guru melanjutkan kembali ke materri berikutnya.


Kedua, melakukan asoiasi dan memberikan ilustrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahan pelajaran dengan cara menghubungkan atau mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan situasi nyata atau dengan bahan pelajaran yang lain atau dengan bahan pelajaran yang menggambarkan sebab akibat. Melalui kegiatan ini diharapkan pemahaman siswa terhadapp materi pelajaran akan semakin meningkat.

Pada akhir pembelajaran klasikal, guru dapat meminta siswa untuk melakukan kegiatan : Aplikasi bahan pelajaran yang telah dipelajari dengan cara tertulis atau lisan. kegiatan yang dapat dilakukan diantarnya siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal atau menjawab pertanyaan selanjutnya menyimpulkan bahan pelajaran yang telah dipelajari. kesimpulan sebaiknya dibuat siswa dibawah bimbingan guru.