Cara Pembelajaran Ekspositori

Jika yang mengolah pesan atau materi elajaran itu, guru maka strategi pembeajaran yang digunakan adalah ekspositori. Dengan strategi pembelajaran ekspositori, guru yang mncari materi pelajaran yang akan diajarkan dari berbagai sumber, kemudian guru mengolahnya serta membuat rangkuman dan/atau mungkin membuat bagan. di depan siswa guru menjelaskannya dan siswa tinggal menerimanya kemudian mencatatnya. Jadi guru lebih aktif daripada siswa. sementara siswa tinggal terima jadi dari guru.

berikut contoh penggunaan ekspositori pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial.

Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menguraikan manfaat muka bumi di wilayah Indonesia yang terdiri dari daratan, pantai, daratan rendah, dataran tinggi dan perairan.
Bahan Pelajaran : Wilayah Indonesia

Proses Pembelajaran
sebelum pembelajaran berlangsung, guru telah mempelajari materi pelajaran dari berbagai sumber yang ada, kemudian membuat rangkuman antara lain :

Guru menjelaskan materi pelajaran secara rinci kepada siswa. Pada saat menjelaskan, sebaiknya guru menggunakan alat peraga, setelah selesai menjelaskan guru melaksanakan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan.

Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran tersebut. membuat rangkuman dan memberikan kesimpulan serta diberi penguatan atau diberikan tugas.

Siswa di minta mencatat materi pelajaran dan/atau mempelajarinya kembali di rumah masing-masing.