Teknik Pembelajaran Perseorangan

Kegiatan pembelajaran perseorangan dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu. dengan menerapkan pembelajaran perseorangan siswa dapat belajar secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Pembelajaran perseorangan pada umumnya banyak diterapkan dalam pemberian tugas dan atau latihan. dalam pelaksanaannya setelah menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberika pengarahan tentang tahapan dan teknik belajar yang harus ditempuh oleh siswa (kegiatan awal pembelajaran), setelah diadakan kegiatan pra pembelajaran, langkah selanjutnya (kegiatan inti pembelajaran) yang dilakukan guru adalah sebagai berikut.

Pertama menjelaskan secara singkat tentang materi pelajaran yang akan ditugaskan atau yang akan dilatihkan pada siswa.

Kedua, memberikan lembaran kerja atau tugas. pada tahap ini, guru memberikan bimbingan atau arahan/petunjuk yang sistematis secara lisan dan tertulis. selain itu, guru juga hendaknya memberikan stimulus atau dorongan supaya siswa dapat melakukan interaksi dan asosiasi, sehingga tugas sehingga tugas atau latihan tersebut dapat dilakukan secara optimal.

Ketiga, Memantau dan menilai kegiatan siswa. Pada kesempatan ini guru berkeliling memantau kegiatan yang dilakukan siswa, dan memberikan bantuan atau bimbingan, apabila ada siswa yang mengalami kesluitan dalam mengerjakan tugas atau latihan.

Pada akhir kegiatan pembelajaran guru memeriksa dan menilai tugas atau latihan yang telah dikerjakan oleh siswa serta memberikan belikan terhadap pekerjaan siswa. guru juga dapat membuat kesimpulan bersama-sama siswa tentang materi pelajaran yang telah ditugaskan.

Selama pembelajaran berlangsung, guru hendaknya banyak memberikan penguatan terhadap kegiatan dan hasil yang dicapai siswa. Dengan memberikan penguatan, perhatian siswa terhadap pelajaran akan meningkat. Selain itu, melalui penguatan guru dapat membangkitkan dan memlihara motivasi belajar siswa, dapat mengontrol, dan memodifikasi tingkah laku siswa yang kurang baik, serta dapat mendorong munculnya tingkah laku yang produktif.