Pendekatan Teknologi Dalam Pengelolaan Kelas

Pembelajaran tidak hanya terpaku pada kegiatan yang dari hanya berbicara dan transfer pengetahuan, seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi sekolah mencari bentuk baru dalam proses belajar pembelajaran anak.

Pembelajaran yang dimaksudkan adalah perkembangan teknologi dimasa kini dan mendatang murid butuh untuk persiapan dirinya trutama kaitanyya dengan pengembangan projek-projek yang harus dikerjakan baik secara individual maupun kelompok.


Hal ini tentunya mendorong guru untuk lebih bertindak sebagai coaching dari pada hanya sekedar telling dan spending ilmu pengetahuan. Pemanfaatan teknologi informasi adalah basis dalam pengembangan pembelajaran di dalam kelas, baik dalam pengaturan kelas dengan alat teknologitersebut (praktek), maupun kelas yang di sett dengan alat teknologi yang memungkinkan anak dapat mempelajari apa yang diinginkannya dengan bantuan alat teknologi tersebut.

Pentingnya Guru yang Inovatif dalam Restrukturisasi Kelas Berbasis Teknologi.
Setiap guru menghendaki muridnya dapat belajar dan sukses dalam belajarnya. Keberhasilan dalam belajar murid akan bergantung kepada usaha-usaha guru memberikan arahan dan memberikan bantuan dalam kegiatan belajar tersebut. Dengan perbedaan yang dimiliki oleh murid teknologi memungkinkan secara individual projek-projek perorangan dapat dilakukan dengan maksimal, tentunya dengan bantuan dan dorongan dari guru.

Guru yang inovatif sangat dibutuhkan dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran yang akan dilakukannya, dimulai dari kegiatan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran sampai kepada penilaian hasil belajar akan membutuhkan energi yang tinggi. Oleh karena itu orang kreatif itu akan mudah dalam menemukan inovasi-inovasi yang memungkinkan kegiatan pembelajarnnya lebih cepat, lebih berhasil dan lebih bermanfaat bagi murid.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam restrukturisasi kelas berbasis teknologi
Adalah hal yang penting bagi guru ketika memikirkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi tidak hanya terpfokus pada teknologi komputer, walaupun memang pada saat ini komputer adalah salah satu alat yang sedang digemari oleh sekolah dalam mendukung kegiatan anak disekolah walaupun baru sampai pada tarap kegiatan ekstrakurikuler saja.

Ada alat lainnya yang juga bisa dimanfaatkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan tidak hanya sebagai alat bantu akan tetapi memang sebagai kegiatan belajar yang dijalani oleh siswa, seperti telepon, facsimile, video teknologi, dan lain-lain.

Guru berkepenitngan untuk memilih dan menetukan teknologi yang digunakan terutama kaitannya dengan kepentingan spesifikasi kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh siswa dan hasil yang diharapkan. Implikasinya bagi guru dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah memperlancar kegiatan dan memudahkan dalam proses pembelajaran sebagai berikut :

- Menuntut banyak kegiatan dari siswa dan menutut murid untuk bnyak berhati-hati untuk menyiapkan pekerjaanya
- Dapat menyajikan bahan ajar yang komplek
- Mempercayai murid dapat memahami konsep-konsep yang berat
- Dapat mempertemukan kebutuhan individual murid yang paling baik
- Dapat lebih memokuskan pada kegiatan murid sebagai senter dalam proses pembelajaraannya
- Membuka lebih luas perbedaan-perbedaan individual dan permasalahanpermasalahan yang muncul     dalam pembelajaran
- Membuka kesempatan yang lebih luas dalam perbedaan pengalaman belajar bagi murid
- Merasa lebih professional, karena dinatara alat yang ada dapat mengurangi waktu dalam                     memberikan instruksi dan lebih kepada membantu anak dalam belajar.

Pertanyaan lainnya bagi guru ketika memulai pembelajaran dengan basis teknologi adalah :

- Bagaimana murid mereaksi terhadap teknologi yang dipergunakan dalam belajarnya?
- Bagaimana teknologi memberikan dampak terhadap pengetahuan yang akan diberikan kepada              murid dan bagaimana murid dapat menangkapnya?
- Bagaimana teknolgi dapat merubah ruang dan waktu dalam kegiatan belajar mengajar?
- Keterampilan baru apa yang harus dimiliki murid ketika akan memulai berlajar?
- Bagaimana teknologi dapat merubah kelas dan hubungan guru dengan murid?
- Bagaimana teknolgi memberikan dampak terhadap prestasi di kelas?
- Bagaimana teknologi ini berkerja/dijalankan?
- Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan teknologi dalam pembelajaran di            kelas?
- Apakah teknologi dapat merubah gaya mengajar?
- Permasalahan-permasalahan apa yang dapat ditemukan bila memanfaatkan teknologi terutama           dalam pengelolaan kelas?