Tips membimbing Diskusi Kelompok Kecil

Memusatkan Perhatian
Hal yang dapat dilakukan untuk memusatkan perhatian yaitu merumuskan tujuan pada awal diskusi, disertai dengan pengenalan topik atau masalah, menyatakan dengan tegas masalah-masalah khusus yang sedang dibahas dan menyatakan kembali apabila terjadi penyimpangan, menandai terjadinya perubahan yang tidak relevan yang dapat membawa diskusi ke arah menyimpang, membuat rangkiman tentang pembahasan yang disepakati pada tahap-tahap tertentu.

Memperjelas masalah Atau uraian pendapat
hal ini dapat dilakukan dengan cara menguraikan atau merangkum gagasan yang dikemukakan sehingga menjadi lebih jelas, meminta komentar siswa tentang gagasan yang diajukan dengan mengajukan pertanyaan, dan memberi informasi tambahan dan/atau contoh yang dapet memperjelas gagasan yang diajukan.


Menganalisis Pandangan
dapat dilakukan dengan cara menganalisis pandangan siswa, dengan cara meminta siswa memberi alasan dan dasar pandangan yang diajukannya dan memperjelas atau menguraikan inti gagasan siswa tentang hal-hal yang sudah disepakati dan yang belum disepakati.

Meningkatkan Urutan
Cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kunci yang mampu menantang siswa untuk berpikir, memberikan contoh-contoh pada saat yang tepat, mengajukan pertanyaan mengundang banyak pendapat atau jawaban, memberi waktu yang cukup untuk berpikir tanpa diganggu oleh komentar-komentar yang dapat mengurangi konsentrasi siswa, dan memberikan dukungan terhadap uraian yang dikemukakan siswa.


Menyebarkan kesempatan Berpartisipasi
Hal ini dapat dilakukan dengan cara memancing urunan siswa yang enggan berpartisipasi dengan cara memberikan pertanyaan secara halus kepada siswa tersebut, mencegah terjadinya pembicaraan serentak dengan cara memberi giliran lebih dahulu kepada siswa yang jarang bicara, mencegah secara bijaksana terjadinya monopoli oleh siswa tertentu, mendorong terjadinya interaksi antar siswa dengan cara meminta siswa mengomentari pendapat temannya, dan meminta persetujuan siswa untuk melanjutkan diskusi bertitik tolak dari salah satu pendapat jika diskusi menemui jalan buntu atau mengambil jalan tengah.



Menutup Diskusi
Hal yang dilakukan adalah dengan membuat rangkuman, mengemukakan tindak lanjut, dan menilai proses dan hasil diskusi.