Cara Pembahasan Materi Pembelajaran Kelompok

Metode yang sering digunakan dalam pembelajaran kelompok diantaranya adalah metode diskusi. Metode ini membina siswa untuk belajar secara sistematis berdasarkan pada prosedur yang harus ditempuh. Dalam pelaksanaannya metode ini perlu ditunjang oleh metode lain seperti ceramah dan tanya jawab.

Dalam kegiatan inti untuk pembahasan materi pembelajaran siswa langkah-langkahnya adalah :

Pertama merumuskan masalah berdasarkan topik pembahasan dn tujuan pembelajaran. Perumusan masalah harus dilakukan oleh siswa dibawah bimbingan guru.

Kedua, mengidentifikasi masalah atau sub masalah berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan.

Ketiga analisis masalah berdasarkan sub masalah. Dalam tahap ini siswa dikondisikan secara indiviidu dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan atau persoalan-persoalan sampai mencapai satu kesepakatan untuk menjawab persoalan kelompok.

Keempat menyusun laporan oleh masing-masing kelompok.

Kelima presentasi kelompok atau melaporkan hasil diskusi kelompok kecil pada seluruh kelompok dilanjutkan diskusi kelas yang langsung dibimbing oleh guru. Dalam tahapan ini sekaligus melaksanakan penguatan  pemahaman konsep dan prinsip yang diperoleh dari diskusi.

Pada akhir kegiatan siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan rumusan masalah dan sub masalah.

Selama kegiatan kelompom berlangsung guru hendaknya memonitor jalannya kegiatan di masing-masing kelompok dan memberikan bimbingan atau bantuan apabila kelompok mengalami hambatan dan kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok.

di samping itu guru juga perlu memberikan motivasi dan perhatian supaya pembelajaran tersebut terlaksana secara optimal. dengan perhatian dan bimbingan guru, siswa akan dapat melakukan kegiatan kelompok secara efektif dan efesien.