Cara Melaksanakan Tindak Lanjut Pembelajaran

Setelah dilaksanakan kegiatan pra pembelajaran, kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran maka selanjutnya adalah mengadakan kegiatan tindak lanjut. Untuk mengoptimalkan penguasaan siswa terhadap kemampuan yang diharpkan dimiliki siswa ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru.


Pertama memberikan tugas atau latihan yang harus dikerjakan di rumah. berdasarkan hasil evaluasi diakhir pembelajaran guru dapat memberikan tugas atau latihan kepada siswa, baik untuk meningkatkan maupun untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap kompetensi yang diharapkan. hal yang diperhatikan dalam memberikan tugas yaitu guru hendaknya menentukan dan menjelaskan secara singkat tentang topik tugas yang dikerjakan siswa, guru perlu menjelaskan tahapan-tahapan tugas yang harus dikerjakan lembaran tugas, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang tugas yang belum dipahami, guru menjelaskan tentang proses penyelesaian tugas, siswa di minta untuk menyerahkan tugas sesuai dengan kriteria, dan guru harus memeriksa dan membahas setiap tugas yang diberikan.

Kedua, Membahas kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai oleh siswa. untuk membahas materi yang belum dikuasai siswa guru harus memperhatikan, waktu yang digunakan masih ada tidak untuk waktu itu juga, membahas pada waktu berikutnya, jika membutuhkan waktu relatif lama.

Ketiga, Membaca materi pelajaran tertentu. memberikan tugas kepada siswa untuk membaca buku sumber pelajaran lain yang membahas topik yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. kegiatan membaca ini dapat ditugaskan kepada siswa yang belum menguasai maupun yang sudah menguasai kompetensi yang ditetapkan.

Keempat Memberikan motivasi atau bimbingan belajar. Memberikan balikan terhadap pekerjaan siswa merupakan kegiatan yang harus dilakukan guru. disamping memberikan balikan guru juga hendaknya memberikan bimbingan kepada siswa agar mereka mampu meperbaiki kekurangannya.

Kelima, Mengemukakan tentang topik yang akan di bahas pada waktu yang akan datang. apabila dari hasil penilaian diketahui bahwa siswa sudah menguasai kemampuan yang telah ditetapkan, kegiatan tindak lanjut yang dapat dilakukan adalah mengemukakan atau memberikan gambaran kepada siswa tentang topik bahasan atau komptensi yang akan dieplajari pada pertemuan yang akan datang.