Tips Pembelajaran Induktif

Dalam strategi pembelajaran induktif, pesan atau materi pelajaran diolah mulai dari yang khusus, bagian atau atribut, menuju ke yang umum, yaitu generalisasi atau rumusan konsep atau aturan. Gambaran konsep dan atribut dalam strategi dalam strategi pembelajaran induktif dapat di lihat pada gambar berikut :

Dengan memperhatikan gambar tersebut, kita dapat merancang pembelajaran dengan strategi pembelajaran induktif. adapun langkah-langkah dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :

Siswa di minta untuk mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitarnya. Selanjutnya siswa di minta untuk menuliskan nama benda-benda tersebut di papan tulis sesuai dengan wujud benda

Siswa diminta untuk mengelompokkan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda padat, benda cair, dan benda gas. apabila ada siswa yang salah dalam mengelompokkan benda-benda tersebut, guru dapat meminta siswa lain untuk membetulkan.

Terakhir siswa diminta untuk menuliskan jenis-jenis wujud benda. kemudian guru menunjuk beberapa siswa untuk menjabarkan hasil yang diperoleh di depan kelas. hal ini untuk membiasakan siswa berbicara dan melatih mental siswa.

Kegiatan tersebut dapat berbentuk project dengan menerapkan metode pembelajaran project based learning. yaitu siswa di beri tugas di luar kelas untuk mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar mereka.