Cara Melaksanakan Awal Pembelajaran

Kegiatan awal pembelajaran dilakukan untuk menyiapkan mental siswa dalam memasuki kegiatan inti pembelajaran. kegiatan ini dilakukan setelah diadakan kegiatan pra pembelajaran seperti yang pernah saya share sebelumnya. selain itu, kegiatan awal dilakukan untuk membangkitkan motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas atau kegiatan yang akan dilaksanakan, dan menunjukkan hubungan antara pengalaman anak dengan materi yang akan dipelajari.


cara melaksanakan kegiatan awal atau pendahuluan pembelajaran yang baik yaitu dengan :

Menimbulkan motivasi dan perhatian siswa. agar pikiran siswa dapat fokus pada materi yang akan disampaikan maka guru perlu melakukan kegiatan yang dapat menarik perhatian siswa misalnya dengan menyampaikan cerita yang menimbulkan pertanyaan, menunjukkan gambar atau alat peraga. pengajuan pertanyaan atau alat peraga yang menarik perhatian siswa dapat menimbulkan motivasi belajar siswa

Memberi acuan. yaiu dengan memberitahukan tujuan (kemampuan) yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari, menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan di tempuh siswa. disamping menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran berlangsung guru juga hendaknya menyampaikan informasi tentang sumber-sumber belajar yang mendukung dan dapat digunakan siswa.

Membuat kaitan. dengan cara mengajukan pertanyaan tentang bahan atau materi yang sudah dielajari sebelumnya, menunjukan materi yang akan dipelajari, meminta siswa mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang dibahas.

Melaksanakan tes awal hal ini digunakan untuk memperoleh informasi untuk menentukan dari mana pembahasan materi baru akan di mulai. tes awal dapat dilakukan dengan cara lisan yang ditujukan pada beberapa siswa yang dianggap representatif (mewakili) seluruh siswa.

Dalam melaksanakan kegiatan awal pembelajaran guru hendaknya, memahami latar belakang (termasuk kemampuan) siswa, dapat membangkitkan (menarik) perhatian siswa sehingga perhatian siswa terpusat pada pelajaran yang akan diikutinya, dapat memberikan bimbingan belajar secara kelompok maupun individu, dapat menciptakan interaksi edukatif yang efektif sehingga siswa merasakan adanya suasana belajar yang aman dan menyenangkan, memberikan penguatan pada siswa, dan menanamkan sikap disiplin pada siswa

jika seorang guru dapat melaksanakan kegiatan pra pembelajaran dan kegiatan awal pembelajaran dengan baik maka kegaiatan inti juga akan berjalan dengan baik, tetapi juga sebaliknya. 

Baca Juga :
Kegiatan pra pembelajaran yang baik
Kegiatan Inti pembelajaran