Trik Menjadi Guru Yang Paling Di senangi

Zaman sekarang bukanlah zaman batu atau eranya kerajaan. dalam mendidik dan melatih bukan hanya dengan kekerasan atau dengan cara diktator. apalagi untuk mentrasfer ilmu pengetahuan diperlukan trik-trik khusus agar apa yang kita sampaikan bukan hanya sesaat dan bisa di terima siswa. disini saya akan coba memberikan trik khusus agar kita bisa menjadi guru yang disenangi oleh siswa.

1. Jangan selalu gunakan kekerasan
Kita ibaratkan saja suku-suku pedalaman yang suka berburu, mereka di didik dengan keras untuk menjadi seorang pemburu, mereka tidak diperkenalkan dengan rasa iba, belas kasihan, toleransi. mera dicipta untuk satu tujuan membunuh hewan buruan. dari sini mereka akan lahir menjadi manusia yang keras tanpa kenal kompromi. maka dari itu pendidikan ini sudah tidak cocok dengan eranya sekarang.

kita harus memakai kelembutan dalam mendidik karena itu akan menjadi panutan bagi siswa kita. secara tidak langsung mereka akan mencontoh kita, karena dianggapnya kita adalah teladan bagi mereka, seperti kata pepatah jawa "guru itu di gugu dan di tiru" dan satu lagi " guru kencing berdiri murid kencing berlari". pepatah ini memang terbukti, karena tidak sedikit siswa yang meniru lebih perilaku gurunya apalagi perilaku buruk. maka dari itu mulai sekarang hilangkan mendidik siswa anda dengan kekerasan karena bukan menjadikan mereka baik tapi sebaliknya akan menjadikan mereka lebih keras.

2. Mendidik dengan hati.
Jangan mendidik dijadikan sebagai lahan untuk mencari uang karena menjadi guru tidak akan membuat kita kaya harta. kalau ingin kaya jangan pernah berpikir menjadi guru tapi jadilah pengusaha. dengan kata lain gunakan hati ikhlas ketika kita mentransfer ilmu atau menjadi fasilitator bagi siswa kita. kita adalah pelayan bagi mereka, jadilah pelayan yang baik agar yang dilayani pun menjadi baik. ikhlas, sabar, dan terus berusaha.

3. Berpenampilan menarik
Kesan pertama seorang ketika melihat orang lain adalah penampilan. meskipun hal itu bukan cerminan seorang sesungguhnya. tapi bayangkan  jika penampilan seorang guru asal-asalan maka siswa pun akan malas sebelum belajar. tetapi perlu di ingat jangan juga berlebihan.

4. Jalin komunikasi yang baik dengan siswa
terjalinnya komunikasi antara guru dan siswa merupakan langkah nyata terjalinnya interaksi edukatif. karena siswa kita heterogen maka hal ini memang susah dilakukan. tetapi bukan berarti tidak bisa. murah senyum dan anggap siswa bukan bawahan kita tetapi teman kita, ajak mereka ngobrol tanya tentang kehidupan mereka, dan selalu bersedia menjadi tempat curhat mereka.

karena banyak sekali saat ini guru yang tidak bisa menyesuaikan cara mendidik siswa meskipun kurikulum sudah berganti 10 kali tetapi cara mereka mendidik masih sama saja, "seperti yang dulu".

itulah sedikit trik menjadi guru yang menyenangkan, bukan bermaksud mengajari tetapi itu akan memberikan banyak perubahan perilaku pada siswa, karena tujuan kita mendidik adalah mengubah perilaku mereka ke arah yang lebih baik.