SATUAN ACARA PERKULIAHAN
KURIKULUM BERBASIS KNKI
Mata Kuliah : Filsafat Umum
Kode Mata Kuliah : STQ 104
Jurusan/Prodi : Ilmu Al qur`an Dan Tafsir
Program : Strata 1
Bobot : 2 SKS
A.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mempunyai pengetahuan
sejarah perkembangan, karakteristik dan metode-metode filsafat serta
interelasinya dengan agama, ilmu pengetahuan dan kebudayaan
B.
Kompetensi dasar
1.
Pengetahuan
Mahasiswa memiliki
pengetahuan dan wawasan yang benar tentang pengertian, kedudukan dan fungsi
filsafat.
2.
Sikap
Mahasiswa memiliki sikap
yang tegas tentang interelasi filsafat dengan agama, ilmu pengetahuan dan
kebudayaan
3.
Keterampilan
Mahasiswa memiliki
keterampilan untuk mengaplikasikan metode berpikir filsafat secara kritis, sistematis,
radikal dan integral.
C.
Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan
mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat
menjelaskan dengan benar tentang :
1.
Pengertian filsafat,
memahami kedudukan dan fungsinya.
2.
Menguraikan
aliran-aliran filsafat yang di dalamnya meliputi dasar-dasar ontologis,
epistimologis dan aksiologis, para filosof dan metodenya.
3.
Menjelaskan
interelasinya dengan agama, ilmu pengetahuan dan kebudayaan
D.
Tujuan Mata Kuliah
Setelah mahasiswa
selesai mengikuti pokok-pokok bahasan diharapkan mempunyai kemampuan untuk
memahami sejarah perkembangan, aliran, karakteristik dan metode-metode filsafat
serta interelasinya dengan agama, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
E.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas
1.
Pendahuluan
a.
Pengertian filsafat,
epistimologi dan terminologi
b.
Obyek material dan forma
filsafat
c.
Tujuan dan Faedah
mempelajari filsafat
d.
Latar belakang munculnya
filsafat
e.
Karakteristik dan metode
filsafat
f.
Cabang-cabang filsafat
g.
Struktur pembahasan
filsafat
2.
Interelasi antara
Filsafat, Agama dan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan
3.
Filsafat Yunani Kuno;
a.
Pra Socrates; Filsafat
alam, Filsafat menjadi, Filsafat ada, Filsafat Kaum Elia,
b.
Masa Socrates; Sofisme
c.
Sesudah Socrates; Plato,
Aristoteles
4.
Filsafat Hellenistis;
a.
Stoisisme
b.
Epikurisme
c.
Skeptisisme
d.
Eklektisisme
e.
Neoplatonisme
f.
Filsafat abad
Pertengahan;
g.
Filsafat
Sckolastik/Patristik
5.
Filsafat Islam;
al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, dll
6.
Filsafat Modern /
Kontemporer & Aliran-aliran Filsafat
a.
Rasionalisme
b.
Empirisme
c.
Idealisme
d.
Kritisisme
e.
Positivisme
f.
Pragmatisme
g.
Fenomenologi
h.
Eksistensialisme
F.
Strategi Pembelajaran
Untuk
materi pendahuluan dan interelasi antara filsafat dan agama mahasiswa diberi
interactive lecturing, kemudian didukung dengan literatur lainnya dapat
dibandingkan tentang pengertian filsafat.
Untuk
memahami periodesasi filsafat, dengan
menggunakan historis tematis dan ciri dalam setiap periode, sehingga mahasiswa
dapat memahami bahwa setiap periode filsafat itu berbeda penekanannya baik
dalam problem maupun temanya
Untuk
memahami dan mengerti aliran dalam filsafat strategi pembelajarannya adalah
memperkenalkan setiap aliran filsafat dengan kritis dan ide pokoknya kemudian
membandingkan antara satu dengan lainnya dan disertai dengan contoh.
G. Penilaian
Penilaian dilakukan dari
segi waktu adalah penilaian proses dan penilaian hasil, yang meliputi :
1.
Portofolio, kumpulan
berupa dokumen yang berisi tugas-tugas yang terkait dengan pembelajaran
filsafat
2.
Tugas makalah
3.
Kinerja, terkait dengan
kemampuan presentasi makalah, keaktifan dan partisipasi kelas
4.
Tes tertulis dalam
bentuk ujian mid semester dan ujian akhir semester
H. Referensi
1.
K. Bertens, Ringkasan
Sejarah Filsafat
2.
Save M Dagun, Filsafat
Eksistensialisme
3.
SJ, N, Drijarkara, Percikan
Filsafat
4.
Harun Hadiwijono, Sari
Sejarah Filsafat Barat 1 dan 2.
5.
Mohammad Hatta, Alam
Pikiran Yunani
6.
Louis O Kattsoff, Pengantar
Filsafat