Tips menutup pelajaran yang baik

Kegiatan menutup pelajaran dilakukan pada setiap akhir penggal kegiatan. Agar kegiatan menutup pelajaran dapat berlangsung efektif guru diharapkan mamu menguasai cara menutup pelajaran. berikut beberapa tips untuk menutup pelajaran.



Meninjau kembali (mereviu). untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap inti pelajaran, pada setiap akhir penggal kegiatan guru hendaknya melakukan peninjauan kembali tentang penguasaan siswa dengan cara melakukan 2 cara sebagai berikut :

Merangkum inti pembelajaran. kegiatan ini pada dasarnya berlangsung selama proses pembelajaran. Misalnya ketika selesai menjelaskan satu topik guru meminta siswa merangkum topik yang telah dibahas. Rangkuman dapat juga dibuat oleh guru atau siswa dengan bimbingan guru.

Membuat ringkasan. kegitan ini merupakan satu cara untuk memantapkan penguasaan siswa terhadap inti pelajaran. Ringkasan dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai catatan ringkas yang dapat dipelajari kembali, baik oleh siswa yang memiliki buku sumber maupun oleh yang tidak memilikinya. sebagimana halnya dengan rangkuman ringkasan dapat dibuat oleh siswa (misalnya setelah membaca sub bab dari buku yang diwajibkan guru meminta siswa menyebutkan inti materi buku yang dibaca dan guru menuliskannya di papan tulis).

Menilai (mengevaluasi). penggal kegiatan atau akhir satu pelajaran dapat ditutup dengan menilai penguasaan siswa tentang pelajaran yang telah dibahas. Penilaian ddapat dilakukan dengan cara: Tanya jawab secara lisan, mendemonstrasikan ketrampilan, mengaplikasikan ide baru, menyatakan pendapat tentang masalah yang dibahas atau dengan memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula.

Memberi Tindak lanjut. agar siswa dapat memantapkan / mengembangkan kemampuan yang baru dielajari, guru perlu memberikan tindak lanjut, yang dapat berupa : Tugas-tugas yang dapat dikerjakan secara individual (PR) atau tugas kelompok untuk merancang sesuatu atau memcahkan masalah berdasarkan konsep yang baru dipelajari. dappat juga menambahkan cara-cara lain sesuai dengan pengalaman guru.