Contoh Laporan karya inovasi IPA Daur hidup kupu-Kupu

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. 

Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. 

 Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.

Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.

Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.

Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya, Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat,

Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan,Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam,Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan 

Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan , Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas , Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana, Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

Sesuai Standar Isi mata pelajaran IPA SD Kurikulum 2006 KTSP untuk kelas IV semester 1, dengan Standar Kompetensi Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup,Kompetensi dasar mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar, misalnya Kecoa, Nyamuk, Kupu-kupu, Kucing sub materi ajar daur hidup Kupu kupu Daur hidup hewan adalah tahapan tahapan perubahan bentuk tubuh hewan tersebut sepanjang hidupnya.

Daur hidup kupu-kupu termasuk jenis metamorfosis sempurna yang merupakan siklus hidup hewan dengan tahap-tahap seperti, telur, ulat, kepompong ,dan kupu-kupu dewasa.

Selama ini pembelajaran IPA di kelas IV SD diharapkan pada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) masih di dajarkan dengan cara konvensional mernggunakan metode tanya jawab dan diskusi tampa disertai dengan media berupa alat praga ,dalam diskusi dan tanya jawab guru hanya menceritakan apa itu daur hidup kupu kupu lalu menggambarnya dipapan tulis tampa konsep yang jelas hal tersebut membuat siswa kurang memahami bagaimana bentuk serta rupa daur hidup kupu kupu yang sebenarnya dengan demikian konsep tentang daur hidup kupu kupu menjadi tidak jelas dan sulit dipahami siswa sehingga pembelajaran menjadi pasif siswa hanya melakukan duduk dengar hapalkan dan catat. 

Untuk mengatasi semua itu dan agar materi yang diajarkan sesuai Konsep serta pakta yang sebenarnya dan untuk menciptakan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan ,aktif , Kreatif serta untuk memperjelas pakta dan memberi contoh nyata tentang bentuk yang sebenarnya dari daur hidup kupu kupu penulis mencoba membuat alat peraga berupa gambar daur hidup kupu kupu media gambar tersebut dibuat penulis dengan cara men dounlote gambar daur hidup kupu kupu dari internet lalu dimodifikasi dalam bentuk Media alat peraga pembelajaran menggunakan Komputer dan Printer sehingga menjadi alat peraga berbentuk poster gambar daur hidup kupu kupu

B Tujuan Pembuatan Karya Inovasi

Karya Inovasi pembelajaran IPA SD kelas IV semester 1 Kompetensi dasar Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing, materi ajar daur hidup kupu kupu media gambar tersebut dibuat penulis bertujuan Untuk:

1. Menperjelas Konsep tentang daur hidup kupu kupu
2. Memberikan Gambaran Sebagai Pakta Berntuk daur hidup kupu kupu yang Sebenarnya
3. Menciptakan pembelajaran yang aktif inovatif evektif dan menyenangkan 

C Manfaat pembuatan karya inovasi
Karya inovasi pembelajaran IPA SD kelasIV semester 1 dengan materi ajar daur hidup Kupu kupu ini diharapkan bermanfaat bagi:

1. Bagi siswa untuk menperjelas konsep, memberikan gambaran pakta berntuk daur hidup Kupu kupu yang sebenarnya sebagai dari pristiwa Meta morfosis sempurna kehidupan maluk hidup jenis serangga lebih dipahami oleh siswa sehingga Aktivitas dan Daya serap belajar siswa semakin meningkat.

2. Guru, untuk menambah wawasan dan pengetahuan guru dalam memahami dan menerapkan proses pembelajaran IPA SD agar pembelajan lebih Epektip Aktif Kreatif dan Menyenangkan sehingga aktivitas dan daya serap belajar siswa semakin meningkat.

3. Kepala sekolah, untuk memberikan sumbangan yang bermanfaat dan berguna dalam rangka memperbaiki proses proses pembelajaran IPA SD di SD Negeri, dalam rangka menciptakan pembelajaran PAIKEM (Aktif ,Inovaitif ,Kreatip, Efektif dan menyenangkan) dan selanjutnya dapat lebih meningkatkan kemampuan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran IPA SD terutama melalui penerapan media pembelajaran berupa alat praga berntuk ganbar / poster sehingga aktivitas dan Daya serap belajar siswa dapat ditingkatkan.


A. Alat dan Bahan yang digunakan dalam pembuatan Alat Praga
  1. Modem Venus
  2. Laptop / Komputer Advan
  3. Printer Canon MP1400
  4. Karton ukuran A 4 4 Lembar
  5. Lem Glukol
  6. Gunting
B. Prosedur Cara Penbuatan
  1. Modem dihubung kan dengan Laptop / komputer untuk membuka Internet
  2. setelah terkonek dengan Internet pada sutus:www.wikipedia.org gambar daur hidup Kupu kupu disimpan dalam bentuk Wod di laptop
  3. Gambar hidup Kupu kupu yang ada dilaptop di edit dan diberi keterangan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan 4 Gambar hidup Kupu kupu yang suda diedit dan diberi keterangan di prin aut menggunakan printer Canon type 1400 dengan pembesaran 400 %
  4. Gambar hidup Kupu kupu yang sudah di prin aut terpotong menjadi 4 bagian sesuai ukuran kertas A4
  5. Disetiap potongan gambar hidup Kupu kupu hasil prin aut pada bagian tepinya terdapat tulisan cut dan paste pada bagian yang bertulisan cut dipotong dengan gunting dan bagian yang bertuliskan paste diberi lem glukol
  6. Keempat potongan gambar hidup Kupu kupu tersebut disambungkan satu sama lain hingga diperoleh media berupa alat praga bentuk Gambar hidup Kupu kupu secara utuh dengan ukuran Poster


BAB III

A. Standar Kompetensi
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B. Kompetensi dasar
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing

C. Peta Konsep
D. Materi Ajar

Daur hidup Kupu kupu
Daur hidup adalah tahapan perubahan bentuk tubuh hewan sepanjang hidupnya Daur hidup kupu-kupu merupakan daur msahluk hidup yang mengalami metamorfosis ,metamorfosis ada dua jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosistidak sempurna.

Metamorfosis sempurna adalah pertumbuhan hewan yang melewati tahap telur, larva, pupa, dan dewasa contoh metamorphosis sempurna adalah daur hidup kupu kupu

Daur Hidup kupu kupu
MetaMorfosis sempurna Pada kupu Kupu


Keterangan
1 Telur
2 Larva Larva adalah proses perubahan bentuk dari telur menjadi Ulat pada
daur hidup kupu kupu
3 Persiapan menjadi pupa
4 Pupa Pupa atau kepompong adalah proses perubahan bentuk dari larpa
sebelum menjadi kupu-kupu
5 Kupu-kupu keluar dari pupa
6 Kupu-kupu
E Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran Daur hidup kupu kupu
  1. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok masing masing kelompok beranggotakan 5 orang
  2. Setiap kelompok diberi LKS dan 1 Amplok yang berisi gambar daur hidup Kupu-kupu dan 7 helai potongan kertas yang bertuliskan masing-masing tahapan daur hidup Kupu-kupu
  3. Siswa Melakukan diskusi kelompok menerjakan LKS yang diberikan guru untuk menempelkan potongan kertas didalam ampok pada gambar daur hidup kupu kupu dengan menggunakan lem sebagai keterangan setiap tahapan daur hidup Kuu kupu pada gambar
  4. Siswa diminta mengamati daur hidup kupu kupu yang suda diberi keterangan hasil diskusi kelompok sebagai contoh Meta morposis sempurna
  5. Siswa menyimpulkan bahwa daur hidup kupu kupu sebagai siklus kehidupan serangga yang memngalami meta morposis sempurna mengalami tahapan telur, larva, pupa, dan dewasa
  6. Diskusi kelas membahas bahwa daur hidup kupu mengalami tahapan telur, larva, pupa, dan dewasa
  7. Guru menempelkan gambar /alat praga Siklus kupu kupu
  8. Dari poster / gambar /alat daur hidup kupu kupu yang ditempel dipapan tulis guru menerangkan dan menyimpulkan bahwa daur hidup kupu kupu termasuk Metamorposis sempurna
  9. Dari hasil diskusi melalui alat praga gambar daur hidup kupu kupu yang ditempel dipapan tulis guru menerangkan dan menyimpulkan bahwa daur hidup kupu kupu mengalmi tahapan telur, larva, pupa, dan dewasa