Cara Penerapan Revisi Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 telah mengalami revisi, untuk tahun 2016 berdasarkan hasil revisinya ada beberapa hal yang mengalami perubahan berarti. ini menjadi acuan bagi seklah penyelenggara kurikulum 2013. hasil revisi tersebut antara lain :


Nama Kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional namun tetap Kurikulum 2013 edisi revisi yang berlaku secara Nasional.

Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap  mata pelajaran tetapi hany untuk Pendidikan Agama dan PPKn namun KI tetap di cantumkan dalam penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 Kompetensi Dasar maka yang diambil adalah nilai tertinggi. 

Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-ratanya. untuk pengetahuan bobot penlaian harian dan penilaian akhir semester itu sama.
Pendekatan scientific 5 M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.

Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih raming hanya 3 kolom yaitu Kompetensi Dasar, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran

Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian Semester untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. dan sudah tidak ada lagi UTS langsung ke penilaian akhir semester.

Dalam RPP tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentul ;lamiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada)

Skala penilaian menjadi 1 - 100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat A, B, C, atau D dan deskripsi.

Remedial diberikan untuk siswa yang kurang namun sebelumnya diberikan pembelajaran ulang, nilai remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.

selain itu ada kelengkapan guru yang harus dilengkapi yakni buku kerja guru.

demikian tentang revisi kurikulum 2013 bagi sekolah yang menjadi sasaran penerapan kurikulum ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaannya, dan akan diadakan pelatihan tentang kurikulum 2013 secara bertahap. Kurikulum revisi ini berlaku untuk kelas 1, 4, 7 dan kelas 10. buku kurikulum 2013 juga mengalami revisi dan sampai saat ini belum selesai. tetapi akan siap digunakan pada awal tahun pelajaran