Mekanisme Peningkatan Mutu Pembelajaran

Peningkatan mutu pembelajaran mengikuti alur sebagai berikut.

1. Bagi pengawas dan Kepala Sekolah

Bagi pengawas dan kepala sekolah, mekanisme PMP dapat dilakukan dengan beberapa tahap berikut :
1) Tahap persiapan
  1. Menetapkan kriteria mutu yang ditetapkan sekolah
  2. Mengembangkan instrumen untuk mengukur kondisi mutu saat ini
  3. mengumpulkan data mutu dan mengidentifikasi kebutuhan PMP
  4. Membaca bahan-bahan dalam panduan yang bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran
  5. Mengembangkan bahan pelengkap sehingga bimbingan teknis bisa digunakan kepada guru tersebut
2) Tahap Pelaksanaan
  1. Memberikan bimbiingan teknis kepada guru
  2. Memantau peningkatan mutu pembelajaran yang terjadi
  3. Memberikan umpan balik atau supervisi yang diperlukan
3) Tahap tindak lanjut
  1.  Melakukan refleksi bersama (pengawas, kepala sekolah, dan guru) untuk menemukan hikmah (lesson learned) dari praktik upaya PMP yang telah dilakukan.
  2. Merancang upaya PMP secara berelanjutan (bagi guru yang bersangkutan, semua guru di sekolah tersebut, dan guru-guru lain di wilayah binaan pengawas)

2. Bagi Guru Inti 

Bagi Guru Inti, kegiatan pemberian bimbingan teknis bisa dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut. 
1) Tahap Persiapan 
  • Mengadakan kontak dengan guru untuk mengadakan pertemuan di gugus 
  • Mendiskusikan permasalahan dalam penerapan pendekatan saintifik yang perlu ditingkatkan mutu penerapannya 
  • Memberikan bimbingan teknis yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang dihadapi 
 2) Tahap Pelaksanaan 
  • Mengamati guru dalam menerapkan pembelajaran yang telah memperoleh bimbingan teknis di gugus 
  • Mendiskusikan proses dan hasil penerapan bimbingan teknis 
 3) Tahap Tindak Lanjut 
  • Melakukan refleksi bersama (Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru) untuk menemukan hikmah (lesson learned) dari praktik upaya PMP yang telah dilakukan. 
  • Merancang upaya PMP secara berkelanjutan (bagi guru yang bersangkutan, semua guru di sekolah tersebut, dan guru-guru lain di wilayah binaan pengawas). 
3. Bagi Guru 

Bagi Guru, upaya PMP dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut. 
  • Membaca bahan dalam Panduan yang bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, 
  • Mengidentifikasi hal-hal dalam praktik pembelajarannya yang masih perlu ditingkatkan 
  • Merancang upaya PMP dan memuatnya ke dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran lainnya, 
  • Menjalankan RPP sesuai dengan rencana PMP yang telah ditetapkan 
  • Mendokumentasikan proses dan hasil belajar siswa (sesuai dengan focus peningkatan mutunya) 
  • Mengambil kesimpulan terhadap pelaksanaan rencananya (upayakan secara tertulis) 
  • Mengomunikasikan proses yang dilalui dan hasil yang dicapai kepada sesama guru dan kepala sekolah. 
4. Bagi Orang Tua 

Bagi Orang Tua, upaya PMP ini bisa dilakukan sebagai berikut. 
  • Melakukan tanya jawab kepada anak tentang apa yang telah dipelajari, dan bagaimana mempelajarinya, serta hasil yang diperoleh 
  • Menggali informasi dari orang tua yang lain, dan menyimpulkannya 
  • Membandingkan kesimpulan dengan standar mutu yang ada di dalam panduan atau yang ditetapkan oleh sekolah 
  • Memberikan masukan kepada Kepala Sekolah 
  • Memantau penerapan masukan yang ada dan mengadakan pertemuan terkait dengan kemajuan dari mutu pembelajaran di sekolah.