Cara Pembelajaran Deduktif

Dalam Pembelajaran deduktif, pesan atau materi diolah mulai dari yang umum, generalisasi atau rumusan konsep atau rumusan aturan, dilanjutkan ke hal yang khusus, yaitu penjelasan bagian-bagiannya atatu atribut-atributnya (ciri-cirinya) dengan menggunakan berbagai ilustrasi atau contoh. strategi pembelajaran deduktif antara lain dapat digunakan pada pelajaran mengenai konsep "terdefinisi".

Cara penerapan strategi pembelejaran deduktif dalam pembelajaran :
Pembahasan tentang Kenampakan Alam. Pembelajaran di mulai dengan rumusan konsep Kenampakan alam.

Kemudian guru meminta siswa menyebutkan jenis-jenis kenampakan alam, seperti gunung, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, pegunungan, sungai, danau, dan selat.

Setelah itu siswa di minta untuk memberikan contoh jenis-jenis kenampakan alam tersebut. Dalam kesempatan ini, guru dapat menggunakan peta atau gambar pemandangan yang menggambarkan kenampakan alam.

Selanjutnya guru dapat menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi mencari contoh kenampakan alam di daerahnya sebanyak-banyaknya. kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. selam diskusi kelompok lain dapat menanggapi atau bertanya.

Untuk memberikan manfaat agar pembelajaran tidak hanya sampai di situ, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari kenampakan alam lain dari sumber koran, majalah, internet dan lainnya.

Sebelum menutup pembelajaran sebaiknya guru mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa serta jangan lupa untuk memberi penguatan. diakhir pembelajaran guru harus memberikan evaluasi baik tertulis atau lisan untuk mengukur kompetensi yang dicapai peserta didik.

Strategi pembelajaran deduktif tepat digunakan apabila konsep yang akan dibahas merupakan konsep baru bagi siswa atau waktuyang tersedia untuk membahas suatu konsep relatif terbatas.