Media Infocus dan Cara Penggunaannya

Infokus merupakan alat output yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau visual hasil pemrosesan dan data komputer. Infokus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal gambar yang dipancarkan melalui dinding putih, whiteboard ataupun kain atau layar putih yang dibentangkan dan media datar lainnya. Biasanya infokus digunakan untuk memaparkan materi dalam presentasi.

Media pembelajaran adalah segala bentuk teknologi yang digunakan sebagai penghantar ilmu kepada peserta didik. media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian siswa sehingga interaksi komunikasi antara guru dan siswa dapat berlangsung tepat guna dan berdaya guna. Media pembelajaran ini akan membantu guru dalam mengkomunikasikan materi-materi yang akan diajarkan.

Media pembelajaran ini sangat penting bagi setiap proses pembelajaran, kegiatan belajarmengajar tanpa media pembelajaran akan terlihat monoton, sehingga sebagian besar siswa akan mengalami kebosanan. Melalui media pembelajaran, siswa akan antusias dalam belajarnya, serta akan menjadikan pembelajaran yang bermakna, menurut Ausubel, bahan subjek yang dipelajari siswa mestilah “bermakna” (meaningfull).

Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Struktur kognitif ialah fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi-generalisasi yang telah disiswai dan diingat siswa. Ada beragam istilah yang selalu digunakan sebagai alat bantu mengajar atau media pendidikan,. Dalam tulisan ini digunakan istilah media pembelajaran, karena istilah media pembelajaran lebih fleksibel dan akomodatif.

Media pembelajaran dilihat dari fungsinya dan manfaatnya, bukan karena bentuk dan keberadaannya.sebuah benda jika diperlukan dalam proses memahami, mencerna, memperlancar maka bisa digolongkan sebagai media pembelajaran. Sebagai contoh, kursi jika hanya untuk duduk maka bukan sebagai media pembelajaran, tetapi jika dipakai sebagai alat peraga dalam Diklat Pertukangan maka kursi tersebut bisa dianggap sebagai media pembelajaran. Kata media berasal dari bahasa Latin yang bisa diartikan sebagai perantara.

Media pembelajaran biasanya dipahami sebagai benda-benda yang dibawa masuk ke ruang kelas untuk membantu efektifitas proses belajar mengajar.Media pembelajaran tidak terbatas pada apa yang digunakan pengajar didalam kelas, tetapi pada prinsipnya meliputi segala sesuatu yang ada dilingkungan peserta dididk dimana mereka berinteraksi dan membantu proses belajar mengajar.

Dalam pengertian luas sumber belajar seperti: guru, hardware, software dan teman, dapat juga dianggap sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi memungkinkan proses belajar dimediasi dengan berbagai alat yang dikenal dengan audio visual (didengar dan dilihat), komputer kemudian menggabungkan keduanya menjadi Multi Media.

Mengapa Infokus Penting Sebagai Media Pembelajaran
Alat bantu Infokus sangat efektif karena kebanyakan stimuli dalam lingkungan belajar bisa dipersepsi melalui indra penglihatan. Misalnya gerakan, warna, ukuran, bentuk semuanya dapat dilihat tapi tidak didengar atau dirasa. Menurut ahli, proporsi masuknya pelajaran dari indra manusia adalah sebagai berikut: 80% melalui penglihatan, 10% melalui pendengaran, 5% melalui perabaan, 3% melalui penciuman, 2% melalui rasa.

Jadi terlihat bahwa yang mendominasi adalah indra penglihatan dan pendengaran. Namun demikian, penggunaan indra lain perlu pula digunakan jika relevan sebagaimana tergambar pada diagram pie dibawah ini Demikian juga dengan kerucut pengalaman berikut :

Mengapa Media Infokus Pembelajaran diperlukan? 
Ada dua hal mengapa media pembelajaran infokus dipergunaan, pertama karena kebutuhan (demand), seperti yang kita ketahui kehidupan semakin kompleks, sehingga hal-hal yang perlu dipelajari juga menjadi semakin rumit, oleh karna itu proses mempelajarinya juga menjadi semakin rumit. Disini media bisa membantu menyederhanakan konsep yang rumit agar bisa dicerna dengan mudah. Kedua karena ketersediaan media (supply) yang semakin beragam, sebagai akibat kemajuan teknologi di segala bidang contohnya komputer.

Pertanyaan yang sering muncul mengapa media infokus sangat penting dalam sebuah pembelajaran? Kita harus mengetahui dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran itu sendiri. Proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi, dimana penyampaian pesan dari seorang pengirim pesan dalam hal ini seorang pengajar pada muridnya atau penerima. Infokus, guru dan media pembelajaran merupakan suatu satu-kesatuan, dimana satu sama lainnya memiliki hubungan yang tidak bisa terpisahkan.

Dalam pembelajaran, seorang guru memerlukan media pembelajaran yang tujuannya membantu agar siswa lebih dapat mengerti akan suatu konsep yang akan diberikan oleh guru. Media pembelajaran yang digunakan guru ini harus sesuai, harus selaras dengan materi apa yang akan di berikan kepada siswa. Media pembelajaran ini beragam, mulai dari yang bersifat audio, visual, dan audio-visual. infokus merupakan salah satu bentuk alat elektronik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru. 

LCD Proyektor dalam istilah sehari-hari sering disebut dengan in-focus, yang sebenarnya istilah itu salah karena infocus adalah salah satu merek dagang dari produk lcd proyektor. Bagaimana cara mengoperasikannya ?

Petunjuk Pengoperasian secara umum :
  1. Hubungkan proyektor dengan listrik mengunakan kabel power, apabila lampu indikator power menyala orange, berarti proyektor siap dipakai
  2. Buka tutup lensa
  3. Tekan tombol power sekitar 2 detik (di panel proyektor atau remote), tunggu sampai indikator berwarna hijau dan display tampil penuh selama 10 - 30 detik
  4. Nyalakan semua peralatan yang menjadi input (CPU, Notebook, video player dll)
  5. Tekan source (input) untuk memilih input yang akan didisplaykan atau automaticsource dalam kondisi "On", silahkan menunggu 5 - 10 detik untuk pencarian input terdekat
Port LCD dihubungkan ke PC ataunotebook melalui kabel USB , begitu juga kabel VGA dan kabel audio LCD Proyektor dapat dihubungkan dengan monitor komputer melalui VGA kabel Port Video dan audio dalam LCD dapat dihubungkan vga adapter kabel dan kabel audio ke computer

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam mengkoneksikan LCD ke komputer :
  • Jangan membuka chasing proyektor, karena didalamnya ada komponen yang tidak boleh diservice selain service center resmi.
  • Sebelum menggunakan proyektor sebaiknya membaca buku petunjuk penggunaan terlebih dahulu.
  • Jangan melihat secara langsung lensa proyektor saat kondisi hidup, karena akan membahayakan bagi mata.
  • Jangan menganalisis dan menyimpulkan serta melakukan perbaikan sendiri
  • Selalu membuka penutup lensa saat proyektor dalam kondisi hidup.
  • Sebaiknya menggunakan stabilizer atau UPS untuk menghindari kerusakan
  • Jangan menggunakan lampu yang sudah lewat umur pakainya, karena akan meng akibatkan ledakan dan kerusakan bagian lain.
  • Jangan pernah melepas lampu dan semua komponen yang ada saat listrik masih terhubung dengan proyektor
  • Jangan meletakkan proyektor di tempat yang tidak stabil, karena akan jatuh atau rusak
  • Jangan menutup lubang ventilasi dengan peralatan yang akan menghalangi proses pendinginan
  • Jangan menggunakan pengatur keystone bagian depan lebih dari 10 derajat dan bagian belakang lebih dari 15 derajat
  • Jangan meletakkan proyektor dalam posisi vertikal (berdiri)
  • Jangan meletakkan peralatan lain diatas proyektor
  • Jangan menutup lensa dengan bahan yang mudah terbakar saat proyektor hidup.
  • Jangan meletakkan cairan didekat proyektor maupun listrik.
  • Gunakan celling mount/bracket untuk instalasi diatas plafon
Penggunaan infokus sebagi media pembelajaran ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya, diantaranya sebagai berikut:
1. Kelebihan infokus sebagai media pembelajaran:
  • Dapat digunakan untuk semua bidang studi
  • Infokus dapat memancarkan berbagai jenis bahan audio-visual termasuk gambar diam, film, objek, spesimen, drama.
  • Infokus ukuran tampilannya dapat disesuaikanl besar atau kecilnya.
2. Kelemahan infokus sebagai media pembelajaran:
  • Dalam penggunaanya harus memerlukan perangkat lain
  • Harus digunakan dalam ruangan yang digelapkan supaya tampilan lebih jelas terlihat.
  • Harus ada aliran Listrik
  • Untuk daerah pulau yang belum ada aliran listrik tidak bisa menggunakan media Infokus
Dengan melihat kelebihan dan kelemahan infokus sebagai media pembelajaran di atas, saya menghadirkan sebuah masalah, “Bagaimana guru sekolah dasar dapat memanfaatkan infokus sebagai media pembelajaran di dalam setiap kegiatan pembelajaran?”.solusi yang telah saya rumuskan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. guru-guru sekolah dasar pada umumnya memakai metode ceramah yang membuat murid-muridnya bosan belajar di ruangan kelasnya. Saran saya adalah mengadakan semacam seminar ilmiah yang diikuti guru-guru sekolah dasar yang tujuannya agar guru-guru tersebut mampu merancang pembelajaran dengan menggunakan infokus sebagai media pembelajarannya.
  2. Guru harus mampu memanfaatkan media Infokus,apalagi banyak bantuan media pembelajaran infokus yang diberikan kepada sekolah sekolah khususnya di batam yang harus dimanfaatkan karna banyak bantuan yang diberikan oleh pemerintah hanya tersimpan digudang.
  3. Harus dikondisikan lagi dalam menggunakan media infokus ke setiap sekolahsekolah. Hal ini tentunya memerlukan sosialisasi dari pemerintah kota Khususnya kedinas pendidikaan dan diteruskan kesekolah-sekolah
  4. kepala sekolah harus menggalakan kepada para guru-guru agar selalu menggunakan media pembelajaran dalam mengajar khususnya media Infokus,tidak harus selalu mengandalkan buku pegangan Guru.

Solusi yang menurut saya paling mungkin diterapkan adalah solusi pertama, yaitu mengadakan seminar khusus untuk guru-guru, agar mereka mampu membuat atau menjadikan infokus sebagai media pembelajaran. Mengadakan seminar seperti ini akan memberikan pengetahuan lebih bagi para guru. Juga bertujuan untuk mempersiapkan guru untuk mampu membuat rencaana pembelajaran dengan infokus sebagai media pembelajarannya.Karna keinginan dari guru biasanya ada tapi masalah yang di hadapi adalah karna kurangnya pengetahuan menggunakan Media Infokus.

E. Tujuan Penerapan Media Infokus sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Tujuan dari penerapan infokus sebagai media pembelajaran di SD negeri 1 Raman Jayaadalah:
Membuat pembelajaran di kelas menjadi gembira, menyenangkan dan tidak membosankan.
Membuat peserta didik tidak merasa ketinggalan zaman
Melalui media infokus, siswa dapat melihat benda-benda lain di seluruh dunia.apalagi saat menggunakan media Infokus bisa terhubung dengan internet,siswa bisa kita ajak menjelajahi dunia dengan mengklik Gogle,tentunya dengan membuka situs pendidikan.

F. Kesiapan Lingkungan Sekolah dalam Penerapan Infokus sebagai Media Pembelajaran di Sekolah SD
Ruangan-ruangan kelas di SD Negeri 1 Raman Jaya Saat ini memang belum memungkinkan untuk meletakan Media Infokus diruangan kelas secara permanen walaupun ada beberapa kelas yang sudah dipasangkan secara permanen, mengingat, pintu dan jendela yang harus dipasang teralis untuk menghindari pencurian.

Di SD Negeri 1 Raman Jaya memang ada bebarapa Orang Guru yang sering menggunakan Media Infokus tapi dengan cara di bongkar-pasang, namun menurut saya itu sedikit merepotkan, Melihat kondisi ini saya kira dilingkungan sekolah SD Negeri1 Raman Jayasudah siap Menggunakan Media Infokus sebagai media pembelajaran kalau didukung Oleh Medianya sendiri maupun oleh Gurunya .

G. Kesiapan Penyelenggara Pendidikan dan Peserta Didik dalam Penerapan Infokus sebagai Media Pembelajaran di Sekolah SD Negeri1 Raman Jaya
Penyelenggara pendidikan disini harus disiapkan untuk mampu menjadikan infokus sebagai salah satu media pembelajaran. Di sekolah ini terdapat guru honorer yang masih muda, dan guru PNS yang usianya agak tua. Untuk guru yang usianya masih muda saya kira mereka pasti akan mampu menjadikan infokus sebagai media pembelajaran.

Tidak menutup kemungkinan guru senior pun bisa memanfaatkan infokus sebagai media pembelajaran. Guru-guru senior harus diberikan sosialisasi bagaimana cara dan manfaat menggunakan infokus sebagai media pembelajaran. kepala sekolah menurut saya Sangat mendukung program belajar dengan menggunakan media Infokus.

H. Kesiapan Lingkungan Sosial dan orangtua siswa dalam Penerapan Infokus
sebagai Media Pembelajaran di Sekolah SD Negeri1 Raman Jaya Dilihat dari lingkungan tempat tinggal dan pekerjaan orangtua siswa yang mayoritas bekerja dibidang Industri,Para orang tua siswa sangat mendukung karna untuk menggunakan media Infokus orang tua siswa sama sekali tidak dibebankan untuk membeli Infokus karna Sebagian Sekolah di Batam banyak yang mendapatkan bantuan media Infokus dari pemerintah. Dengan demikian lingkungan sosial di sekitar sekolah pun sangat mendukung parogram tersebut, karena hal ini merupakan hal positif.