membuat Pendahuluan Proposal PTK new ok

Dalam membuat laporan penelitian tindakan kelas sebelumnya kita harus mengajukan proposal penelitian tindakan kelas yang meliputi :

Bab I Pendahuluan

1. Latar Belakang Masalah
Dalam latar belakang masalah peneliti menjelaskan beberapa hal yaitu : 1) Mengapa masalah yang diteliti itu penting, 2) Kondisi yang diharapkan (das sollen) dan kondisi yang ada (das sein) sehingga jelas adanya kesenjangan yang merupakan masalah yang menuntut untuk dicari pemecahannya yang tepat melalui PTK, 3) kemukakan secara jelas bahwa masalah yang akan diteliti merupakan masalah yang nyata  terjadi di dalam PBM disertai data faktualnya dan diagnosisnya, 4) menyinggung teori yang melandasi diajukannya gagasan untuk memecahkan masalah, 5) apa yang membuat peneliti merasa gelisah dan resah sekiranya masalah tersebut tidak di teliti, 6) gejala-gejala kesenjangan apa yang terdapat  dilapangan sebagai dasar pemikiran untuk memunculkan permasalahan dsb.

2. Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah adalah kegiatan mendeteksi, melacak, menjelaskan aspek permasalahan yang muncul dan berkaitan dari judul penelitian atau dengan masalah atau variabel yang akan diteliti. hasil identifikasi dapat diangkat beberapa permasalahan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

3. Perumusan Masalah
Perumusan masalah dalam PTK adalah beberapa pertanyaan yang akan terjawab setelah tindakan elesai dilakukan. perumusan masalah dirumuskan dengan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan perumusan masalah merupakan titik tolak perumusan hipotesis nantinya.

contoh : apakah penerapan pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada mata pelajaran sosiologi kelas X SMAN  1 Lempuing? Bagaimana penerapan pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran sosiologi kelas X SMAN 1 Lempuing.

4. Cara memecahkan masalah penlitian
cara memcahkan masalah adalah cara atau tindakan yang akan digunakan dalam pemecahan masalah dalam PTK. contoh : cara pemecahan masalah yang akan digunakan dalam PTK yaitu metod pembelajaran Koopertaif tipe jigsaw. dengan metode ini diharapkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat.

5. Hipotesis Tindakan
Rumusan hipotesis tindakan berdasarkan cara memcahkan masalah dalam PTK. contoh : Dengan diterapkan metode tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS

6. Tujuan
7. Manfaat Penelitian