SILABUS PEMBELAJARAN
KURIUKULUM BERBASIS KKNI
Mata Kuliah :
Metodologi Studi Islam
Kode Mata Kuliah :
STQ 201
Matrix :
PLO. 8 dan 13
Jurusan/Prodi : Ilmu Al Qur`an dan Tafsir
Program : Strata 1
Bobot :
2 SKS
A. Standar Kompetensi
Mahasiswa memahami
secara benar tentang konsep dan pendekatan studi Islam.
B.
Kompetensi Dasar
1.
Pengetahuan
Mahasiswa memiliki
pengetahuan secara benar tentang konsep, pendekatan dan perkembangan studi
Islam
2.
Sikap
Mahasiswa memiliki sikap
yang tegas sehingga dapat mengklasifikasikan pendekatan dalam studi Islam
3.
Keterampilan
Mahasiswa memiliki
keterampilan dan kemampuan dalam menerapkan pendekatan secara tepat dalam studi
Islam dan mengaplikasikan ilmu-ilmu bantu sebagai pendekatan dalam studi Islam
C.
Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan
mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah dapat :
1.
Menjelaskan ruang
lingkup studi Islam
2.
Mampu mendeskripsikan
perkembangan studi Islam
3.
Mengklasifikasikan
pendekatan dalam studi Islam
4.
Menerapkan pendekatan
secara tepat dalam studi Islam
5.
Mengapresiasikan
ilmu-ilmu bantu sebagai pendekatan dalam studi Islam
6.
Mengaplikasikan
ilmu-ilmu bantu sebagai pendekatan dalam studi Islam
D.
Tujuan Mata Kuliah
Setelah mempelajari mata
kuliah ini diharapkan mahasiswa mengetahui dan memahami konsep, pendekatan dan
perkembangan studi Islam secara lebih akurat dan komprehensip, menyadari
pentingnya studi Islam. Sehingga dapat mengklasifikasikan pendekatan dalam
studi Islam.
E.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas
pokok-pokok sejarah pertumbuhan dan perkembangan Islam, Adapun sistematika
pendeskripsian mata kuliah adalah sebagai berikut :
1.
Studi Islam : Arti
etimologi dan terminologi
2.
Islam sebagai obyek
kajian
3.
Sejarah perkembangan
studi Islam
a. Studi Islam di Dunia Islam
b. Perkembangan Studi Islam di Dunia
Barat
c. Perkembangan Studi Islam di
Indonesia
4.
Kajian Sumber Islam :
Al-Qur’an dan as-Sunnah
5.
Disiplin keilmuan dalam
Islam
a. Rumpun Bayani : Ilmu bahasa,
fiqh, JQHul fiqh dan kalam
b. Rumpun Burhani : Filsafat,
ilmu-ilmu kealaman, ilmu riyadliyat, falak, geografi dan sosial
c.
Rumpun Irfani : Akhlak dan tasawuf
6.
Pendekatan dalam studi
Islam
a.Pendekatan normatif
b. Pendekatan ilmu-ilmu sosial dan
humaniora
c. Pendekatan interdisiplin
7.
Studi Islam dan isu-isu
aktual
F.
Strategi pembelajaran
Adapun startegi
pembelajaran dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mata kuliah ini lebih
dititik beratkan pada ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Beberapa
strategi pembelajaran yang digunakan sebagai berikut : interactive lecturing
the power of two, snowbolling, point-counterpoint, listening team, dynamic
true-false, giving question, getting answer, dll.
G.
Penilaian
Pengambilan nilai
melalui evaluasi yang didasarkan pada 4 kriteria:
1. Absensi dan keaktifan
dalam belajar di kelas :
10 %
2. Ujian Mid :
20 %
3. Tugas Akademik :
20 %
4. Ujian Akhir Semester : 50 %
Jumlah :
100 %
Jenis dan bentuk
penialian :
1. Tes tertulis (untuk mid dan akhir
semester) bentuk soal essay
2. Tes penugasan (untuk tugas aakdemik
berupa makalah)
3. Pengamatan (untuk keaktifan belajar)
H.
Referensi
1.
Atang Abdul Hakim dan Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam.
2.
Atho Muzhar, Metodologi Studi Islam
3.
Harun Nasution, Islam di Tinjau dari Berbagai Aspeknya
4.
Issa J. Boullata (ed) An Anthology of Islamic
Studies
5.
M. Amin Abdullah, Tafsir Baru Studi Islam dalam
Era Multikultural