Mengaktifkan semua siswa dalam kelas merupakan tanggung jawab guru. guru bukan semata bukan menjadi seorang yang memberi penjelasan mengenai sebuah bentuk pelajaran yang akan disampaikan namun lebih dari itu adalah guru diharapkan mampu memberikan stimulus kepada semua siswanya agar mereka bisa ikut berpartisipasi dalam ruangan kelas.
Sesungguhnya banyak cara yang bisa dilakukan agar semua siswanya aktif belajar dalam kelas : dengan diskusi terbuka. maksudnya adalah melemparkan pertanyaan kepada siswa dan mereka diminta untuk menanggapinya. upaya memberikan jumlah batasan terlebih dahulu berapa orang yang harus menanggapi demi menghindari diskusi berkepanjangan.
kedua dengan Kartu Jawaban. dalam model seperti itu, seorang guru membuat kartu indeks dan minta jawaban atas pertanyaan yang telah disampaikan kepada semua siswa. apabila para siswa takut dan malu dengan jawabannya yang dikhawatirkan salah, maka sebaiknya guru menyarankan kepada semua muridnya agar menulis namanya tanppa disertai nama bersangkutan.
ketiga dengan jajak pendapat. pendapat bertujuan agar siswa kemudian bisa mengetahui hasil jawaban yang paling tepat dari sebuah persoalan yang dilontarkan seorang guru. jika menggunakan jajak pendapat melalui lisan, maka siswa diharapkan mengacungkan tangan untuk memberikan jawabannya. sedangkan bila dalam bentuk tulisan, menggunakan bentuk pemungutan suara manakah yang dianggap benar dari sekian jawaban yang ada menjadi penting dilakukan.
Keempat Diskusi Subkelompok. yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil sebelum dikembalikan menjadi kelompok besar. kelompok kecil tersebut bekerja untuk menemukan setiap jawaban atas soal yang telah disampaikan guru.
Kelima mitra belajar.dalam belajar hal ini sangat mendukung para siswa semua aktif dalam belajar. oleh sebab itu, guru yang telah memberikan soal kepada siswanya akan bisa cepat selesai dikerjakan bila menggunakan mitra belajar sebab ini mendorong hubungan saling mendukung dalam mencapai keberhasilan tertentu.
Keenam Penyemangat. Memberikan ucapan dan kata semangat kepada semua siswa merupakan hal paling baik yang dianjurkan dalam belajar. mendatangi setiap siswa yang sedang belajar memberikan apresiasi kepada mereka walaupun hasil yang diperoleh tidak dan belum memuaskan merupakan penggerak keinginan siswa untuk semakin aktif belajar.
Ketujuh Panel. panel merupakan model pembelajaran yang mendorong setiap siswa mampu menyampaikan pendapatnya, kemudian di coba disampaikan oleh siswa yang lain dengan pendapat berbeda lainnya. muara akhirnya adalah mereka belajar mengemukakan pendapat satu sama lain.
Kedelapan Ruang Terbuka (Fishbowl). perintahkan sebagian siswa untuk membentuk lingkaran diskusi dan sebagian siswa lainnya sebagai pendengar. bawalah kelompok baru ke lingkaran dalam untuk melanjutkan diskusi. gunakan formasi ruang terbuka untuk memfokuskan pada diskusi kelompok belajar.
Kesembilan. Permainan. gunakan permainan yang dapat membangkitkan semangat dan keterlibatan siswa dalam belajar. pasalnya permainan sangat membantu memunculkan suasana dramatis yang akan terus diingat siswa sehingga mereka akan menjadi terus menerus semangat dalam belajar.
Kesepuluh Memanggil Pembicara Selanjutnya. dalam berdiskusi perintahkan seorang murid menyampaikan pendapatnya, namun siswa yang sudah berpendapat tersebut diminta menunjuk teman lainnya untuk berpendapat berbeda mengenai satu persoalan yang sama.
itulah kesepuluh cara dalam mengaktifkan siswa di dalam kelas sudahkah anda menerapkannya. semoga tulisan ini bermanfaat. baca Prosedur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Lengkap
Sesungguhnya banyak cara yang bisa dilakukan agar semua siswanya aktif belajar dalam kelas : dengan diskusi terbuka. maksudnya adalah melemparkan pertanyaan kepada siswa dan mereka diminta untuk menanggapinya. upaya memberikan jumlah batasan terlebih dahulu berapa orang yang harus menanggapi demi menghindari diskusi berkepanjangan.
kedua dengan Kartu Jawaban. dalam model seperti itu, seorang guru membuat kartu indeks dan minta jawaban atas pertanyaan yang telah disampaikan kepada semua siswa. apabila para siswa takut dan malu dengan jawabannya yang dikhawatirkan salah, maka sebaiknya guru menyarankan kepada semua muridnya agar menulis namanya tanppa disertai nama bersangkutan.
ketiga dengan jajak pendapat. pendapat bertujuan agar siswa kemudian bisa mengetahui hasil jawaban yang paling tepat dari sebuah persoalan yang dilontarkan seorang guru. jika menggunakan jajak pendapat melalui lisan, maka siswa diharapkan mengacungkan tangan untuk memberikan jawabannya. sedangkan bila dalam bentuk tulisan, menggunakan bentuk pemungutan suara manakah yang dianggap benar dari sekian jawaban yang ada menjadi penting dilakukan.
Keempat Diskusi Subkelompok. yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil sebelum dikembalikan menjadi kelompok besar. kelompok kecil tersebut bekerja untuk menemukan setiap jawaban atas soal yang telah disampaikan guru.
Kelima mitra belajar.dalam belajar hal ini sangat mendukung para siswa semua aktif dalam belajar. oleh sebab itu, guru yang telah memberikan soal kepada siswanya akan bisa cepat selesai dikerjakan bila menggunakan mitra belajar sebab ini mendorong hubungan saling mendukung dalam mencapai keberhasilan tertentu.
Keenam Penyemangat. Memberikan ucapan dan kata semangat kepada semua siswa merupakan hal paling baik yang dianjurkan dalam belajar. mendatangi setiap siswa yang sedang belajar memberikan apresiasi kepada mereka walaupun hasil yang diperoleh tidak dan belum memuaskan merupakan penggerak keinginan siswa untuk semakin aktif belajar.
Ketujuh Panel. panel merupakan model pembelajaran yang mendorong setiap siswa mampu menyampaikan pendapatnya, kemudian di coba disampaikan oleh siswa yang lain dengan pendapat berbeda lainnya. muara akhirnya adalah mereka belajar mengemukakan pendapat satu sama lain.
Kedelapan Ruang Terbuka (Fishbowl). perintahkan sebagian siswa untuk membentuk lingkaran diskusi dan sebagian siswa lainnya sebagai pendengar. bawalah kelompok baru ke lingkaran dalam untuk melanjutkan diskusi. gunakan formasi ruang terbuka untuk memfokuskan pada diskusi kelompok belajar.
Kesembilan. Permainan. gunakan permainan yang dapat membangkitkan semangat dan keterlibatan siswa dalam belajar. pasalnya permainan sangat membantu memunculkan suasana dramatis yang akan terus diingat siswa sehingga mereka akan menjadi terus menerus semangat dalam belajar.
Kesepuluh Memanggil Pembicara Selanjutnya. dalam berdiskusi perintahkan seorang murid menyampaikan pendapatnya, namun siswa yang sudah berpendapat tersebut diminta menunjuk teman lainnya untuk berpendapat berbeda mengenai satu persoalan yang sama.
itulah kesepuluh cara dalam mengaktifkan siswa di dalam kelas sudahkah anda menerapkannya. semoga tulisan ini bermanfaat. baca Prosedur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Lengkap