Guru Berpenampilan Menarik Bagaimana?

Bertindak sebagai guru tidaklah mudah. ia bukan hanya sebagai pengajar, melainkan juga seorang pendidik. oleh sebab itu tampilan guru secara fisik dan rohani akan menjadi model yang ditiru siswa. sehubungan dengan hal itu, maka guru hendaknya tampil prima di depan kelas. baik tampilan fisik maupun rohaninya. beberapa tampilan fisik yang perlu diperhatikan :

1. Berpakaian bersih dan rapi. janganlah mengenakan pakaian yang kumal atau kotor. sebab pakaian yang kumal, atau kotor selain tidak sedap dipandang mata juga mengganngu proses pembelajaran. siswa akan lebih memperhatikan pakaian guru yang kumal dan kotor daripada pelajaran. hal ini tentu merusak suasana pembelajaran.

2. Berpakaian serasi, baik warna maupun modelnya. pakaian yang serasi menciptakan kenyamanan bagi siswa. mereka memandang gurunya dalam keadaan indah sehingga tertarik untuk belajar.

3. Jangan berlebihan dalam menggunakan aksesoris dan make up. penggunaan aksesoris dan make up berlebihan menjadikan tampilan guru menjadi kurang menarik. seorang guru bukanlah model peran dalam lawakan atau sandiwara televisi. ia adalah seorang model pendidik sehingga wajib baginya untuk menggunakan make up dan aksesoris sewajarnya dan sepantasnya.

selain tampilan fisik tampilan rohani juga tidak kalah penting . tampilan rohani berupa :
1. Ramah. sikap ramah dan murah senyum merupakan modal utama seorang guru dalam proses komunikasi pendidikan. sikap ini dapat membuka persahabatan dan membuka diri untuk berkomunikasi secara terbuka, kekeluargaan, dan saling menghormati.

2. Ikhlas. sikap ikhlas adalah sikap rela hati dalam menerima, melakukan, dan meniggalkan sesuatu sikap ini sangat penting bagi seorang guru. dari seorang guru yang ikhlas siswa dapat menangkap banyak peajaran dan suasana menyenangkan di dalam proses pembelajaran. ia akan nyaman di dekat gurunya sebab ia diperlakukan dengan sikap ikhlas.

3. Bersabar. yaitu senantiasa tabah dalam menghadapi berbagai kesulitan dan selalu berusaha encari solusi dalam menghadapi berbagai kesulitan dan selalu berusaha menccari jalan keluar yang paling bijak dari setiap persoalan yang dihadapi.

4. Tegas. Meskipun guru harus menunjukkan sikap ramah dan sabar tetapi juga harus tegas apabila siswa melakukan suatu perbuatan yang tidak dapat ditoleransi dan mengganggu atau bahkan merusakkan orang lain. perbuatan tegas harus memperhatikan kaidah-kaidah yang sesuai dengan normma.

5. Mendidik. Tampilan ucapan sikap, dan cara berpikir haruslah menunjukkan tampilan, ucapan, sikap, dan cara berpikir yang bernilai edukatif.

6. Berdisiplin. selalu tepat waktu dalam memasuki kelas, istirhat, pulang jangan ditambahi atau dikurangi.

7. Objektif. bersikap objektif dalam memandang setiap persoalan. guru juga harus objektif dalam menilai dan memperlakukan siswa.

8. Ekpresif. dengan sikap ini pemebejaran akan terasa nyaman, tidka kering. sikap ini juga menunjukkan bahwa guru menguasai materi pelajaran yang disampaikannya.

jangan lupa baca tips menjadi guru menyenangkan
sebetulnya masih banyak lagi penampilan rohani guru, akan tetapi delapan hal tersbut sudah cukup mewakili karena merupakan hal yang pokok, demikian semoga bermanfaat.