Berdasarkan perkembangan teknologi media pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam empat kelompok sebagai berikut :
Teknologi Cetak. cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis, Kelompok media hasil cetak meliputi teks, grafik, foto dan representasi fotografik dan reproduksi.
Materi cetak visual merupakan dasar pengembangan dan penggunaan kebanyakan materi pembelajaran lainnya Teknologi ini menghasilkan materi dalam bentuk salinan tercetak. Dua komponen pokok teknologi ini adalah materi teks verbal dan materi visual yang dikembangkan berdasarkan teori yang berkaitan dengan persepsi visual, membaca, memproses informasi, dan teori belajar.
Materi cetak visual merupakan dasar pengembangan dan penggunaan kebanyakan materi pembelajaran lainnya Teknologi ini menghasilkan materi dalam bentuk salinan tercetak. Dua komponen pokok teknologi ini adalah materi teks verbal dan materi visual yang dikembangkan berdasarkan teori yang berkaitan dengan persepsi visual, membaca, memproses informasi, dan teori belajar.
Teknologi aiudo-visual. Cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. pengajaran melalui audio visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor film, tape recorder, dan proyektor visual yang lebar.
Jadi, pengajaran melalui aoudio visual adalah produksi dan ppenggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergntung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol yang serupa.
ciri utama media audio visual ini adalah : 1) Mereka biasanya bersifat linier, 2) mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis, 3) mereka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya, 4) mereka merupakan represesntasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak, 5) mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif dan, 6) umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.
Jadi, pengajaran melalui aoudio visual adalah produksi dan ppenggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergntung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol yang serupa.
ciri utama media audio visual ini adalah : 1) Mereka biasanya bersifat linier, 2) mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis, 3) mereka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya, 4) mereka merupakan represesntasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak, 5) mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif dan, 6) umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.
Teknologi Berbasis Komputer. merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro prosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan olleh teknologi berbasis komputer dengan yang dihasilkan dari dua teknolgi lainnya adalah karena informasi/materi disimpan dalam bentuk digital., bukan dalam bentuk cetakan atau visual.
pada dasarnya teknologi berbasis komputer menggunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada siswa. Berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer assisted instruction (pembelajaran dengan bantuan komputer).
Aplikasi tersebut apaila di lihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin di capai meliputi tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap), drills and practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang beru dipelajari), dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuannya sesuai dengan keinginan masing-masing).
pada dasarnya teknologi berbasis komputer menggunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada siswa. Berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer assisted instruction (pembelajaran dengan bantuan komputer).
Aplikasi tersebut apaila di lihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin di capai meliputi tutorial (penyajian materi pelajaran secara bertahap), drills and practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang beru dipelajari), dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuannya sesuai dengan keinginan masing-masing).
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberpa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer. Perpaduan beberapa jenis teknologi ini dianggap teknik yang paling canggih apabila dikendalikan oleh komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random acces memory yang besar hardisk yang besar dan sebagainya.
itulah 4 media pembelajaran masa kini baca juga artikel terkait :