Guru harus memanfaatkan media menurut langkah-langkah tertentu, dengan perencanaan yang sistemik. berikut enam langkah yang bisa di tempuh guru pada waktu ia mengajar dengan menggunakan media :
- Merumuskan tujuan pengejaran dengan memanfaatkan media.
- Persiapan Guru. pada fase ini guru memilih dan menetapkan media mana yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan. dalam hal ini prinsip pemilihan dan dasar pertimbangannya patut diperhatikan.
- Persiapan Kelas. pada fase ini siswa atau kelas harus mempunyai persiapan, sebelum mereka menerima pelajaran dengan menggunakan media. Guru harus dapat memotivasi mereka agar dapat menilai, mengantisipasi, menghayati pelajaran dengan menggunakan media pengajaran
- Langkah penyajian pelajaran dan pemanfaatan media. pada fase ini penyajian bahan pelajaran dengan memanfaatkan media pengajaran. Keahlian guru dituntut disini. media diperbantukan oleh guru untuk membantu tugasnya menjelaskan bahan pelajaran. media dikembangkan penggunaannya untuk keefektifan dan efsiensi pencapaian tujuan.
- Langkah kegiatan belajar siswa. pada fase ini siswa belajar dengan memanfaatkan media pengajaran. pemanfaatan media di sini bisa siswa sendiri yang mempraktikannya ataupun guru langsung memanfaatkannya, baik di kelas atau di luar kelas.
- Langkah evaluasi pengajaran. pada langkah ini kegiatan belajar dievaluasi, sampai sejauh mana tujuan pengajaran tercapai. yang sekaligus dapat dinilai sejauh mana pengaruh media sebagai alat bantu dapat menunjang keberhasilan proses belajar siswa. hasil evaluasi dapat dijadikan dasar atau bahan bagi proses belajar selanjutnya.