FORMAT SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
PRODI IAT STIQ TEBING SULUH LEMPUING OKI
A. Identitas Matakuliah
Matakuliah : Ilmu Tauhid
Kode Mata Kuliah : STQ 106
Kredit
: 2 SKS
Jurusan/Prodi : Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)
Semester/Kelas : I/Satu
Dosen Pembina :
B.
Standar Kompetensi
Mahasiswa
memahami akidah-akidah pokok yang diajarkan al-Qur’an dan Hadits Nabi serta
memahami perkembangan pemikiran para ulama masa lalu dalam menjawab masalah-masalah
yang menjadikan kajian tauhid
C.
Kompetensi Dasar
1. Pengetahuan
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang akidah Islam yang
benar (al-aqidah al-Salimah), yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadits
Nabi yang shahih. Juga mahasiswa mampu memahami dan menganalisis perkembangan
pemikiran para ulama salaf dan khalaf dalam menjawab permasalahan yang timbul
seputar kajian tauhid.
2. Sikap
Mahasiswa memiliki keyakinan tentang kebenaran tauhidullah
dan kesadaran tentang pentingnya berakidah yang benar, yakni akidah Islam yang
bersumber dari al-Qur’an dan Hadits Nabi yang shahih.
3. Ketrampilan
Mahasiswa mampu mengamalkan Akidah Islam yang berdasarkan
keimanan dan tauhid yang benar dan menjauhkan penyakit-penyakit tauhid,
seperti, syirik, kufur, nifak, riya’ bid’ah, tahayul dan khurafat dalam
kehidupan serhari-hari.
D.
Indikator Hasil Belajar
1. Menjelaskan pengertian ilmu tauhid
2. Menjelaskan pentingnya mempelajari ilmu tauhid
3. Menyebutkan nama-nama lain dari ilmu tauhid, pengertian dan
sebab-sebab penamaanya.
4. Menjelaskan maksud iman, Islam, dan ikhsan, serta sanggup
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
5. Menjelaskan maksud Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, Tauhid
Mulkiyah, Tauhid Dzat wa Af’al, dan Tauhid Asma’ wa Shifat
6. Menjelaskan macam-macam penyakit tauhid beserta maksud-maksudnya
7. Menjelaskan hubungan antar iman, ibadah, dan akhlak dalam perilaku
kehidupan manusia
8. Membedakan antara akidah yang benar dan akidah yang salah dengan
menyebutkan contoh-contohnya.
9. Menjelaskan pokok Akidah
Islam dan cabang-cabangnya.
10. Menceritakan sejarah munculnya persoalan teologis dan sekte-sekte
dalam Islam.
11. Menjelaskan persoalan-persoalan yang muncul dalam bidang teologi
yang ada hubungannya dengan kajian ilmu
tauhid.
12. Menjelaskan pendapat para
ulama salaf dan khalaf dalam menjawab persoalan yang muncul seputar ilmu
tauhid.
E.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah
Perkuliahan
|
Uraian kegiatan
|
||
1. Pembukaan
(10 menit)
|
1.
Kegiatan Awal
a.
Dosen menyampaikan kompetensi dasar dan indikator
yang akan dicapai dalam perkuliahan dan rencana kegiatan perkuliahan yaitu (mahasiswa mengetahui dan memahami
ajaran tauhid dalam Islam secara komprehensip, menyadari pentingnya bertauhid
yang benar, dan sanggup mengimplementasikannya dalam kehidupan).
b.
Dosen mengadakan apersepsi dengan
mahasiswa-mahasiswi dengan mengajukan pertanyaan tentang pengetahuan awal
mahasiswa tentang Pengertian ilmu tauhid, Pentingnya
mempelajari ilmu tauhid, Nama-nama lain dari ilmu tauhid, seperti ilmu
aqa’id, ushuluddin, ilmu kalam, dan teologis Islam, serta
pengertian dan sebab-sebab penamaanya.
2.
Asosiasi
(ketersambungan materi)
Menghubungan
berbagai materi perkuliahan dengan Ilmu
Tauhid
|
||
2.
Kegiatan Inti
(85 menit)
|
1. Presentasi
Mahasiswa mengikuti secara aktif
presentasi dosen tentang Pengertian ilmu tauhid, Pentingnya mempelajari ilmu tauhid,
Nama-nama lain dari ilmu tauhid, seperti ilmu aqa’id, ushuluddin, ilmu kalam,
dan teologis Islam, serta pengertian dan sebab-sebab penamaanya.
2.
Tanya Jawab
Mahasiswa dan dosen berdialog /bertanya
jawab tentang sub-sub materi
perkuliahan yang masih memerlukan penjelasan tambahan
3. Resitasi /penugasan
Mahasiswa mengikuti
penjelasan dosen tentang tugas terstruktur tentang pengayaan materi
perkuliahan yang harus dilakukan oleh mahasiswa di perpustakaan dan di rumah
4. Evaluasi
Mahasiswa menjawab secara
lisan pertanyaan-pertanyaan dosen tentang materi-materi yang telah dipelajari
|
||
3.
Penutup
(5 menit)
|
Tindak Lanjut Perkuliahan
Mahasiswa mengikuti penjelasan dosen tentang tindak lanjut
materi perkuliahan yang akan dipelajari pada pertemuan II (berikutnya)
|
||
F.
Materi Perkuliahan
Pertemuan
|
Pokok Bahasan
|
Metode&Bahan
|
1
|
1.
Pengantar
kajian ilmu tauhid :
a.
Pengertian
ilmu tauhid
b.
Pentingnya
mempelajari ilmu tauhid
Nama-nama lain dari ilmu tauhid, seperti ilmu aqa’id,
Ushuluddin, ilmu kalam, dan teologis Islam, serta pengertian dan
sebab-sebab penamaanya
|
Ceramah &
Slide Powerpoint
|
2
|
2. Dasar-dasar kajian ilmu tauhid :
a. Iman, Islam, dan Ikhsan
b. Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, Tauhid
Mulkiyah, Tauhid Dzat wa Af’al dan Tauhid Asma’ wa Shifat.
c. Penyakit-penyakit tauhid; syirik, kufur,
nifak, riya’, bid’ah, tahayul dan khurafat.
|
Presentasi
|
3
|
3.Hubungan
antara iman, ibadah, dan akhlak/moral dalam segala aspek kehidupan.
|
Tanya Jawab & Ceramah
|
4
|
4. Pokok Aqidah Islam dan cabang-cabangnya :
a. Iman kepada Allah.
b. Iman kepada Malaikat-Nya.
c. Iman Kitab-kitab-Nya.
d. Iman kepada para Nabi dan Rasul-Nya.
e. Iman kepada hari kiamat.
f. Iman kepada takdir.
|
Presentasi
|
5
|
5. Sejarah munculnya persoalan teologi dan sekte-sektenya dalam
Islam, seperti Khawarij, Murji’ah, Mu’tzailah, Jabariyah, Syi’ah,
Asy’ariyah dan Maturidiyah.
|
Presentasi
|
6
|
Al-aqidah
ash-shahihah dan al-aqidah
al-bathilah
|
Penugasan
|
7
|
Pendapat para ulama salaf dan khalaf tentang persoalan teologis
yang ada hubungannya dengan kajian ilmu tauhid
|
Ceramah &
Slide Powerpoint
|
G. Strategi Pembelajaran
ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan, dengan
penjabaran
H. Media Pembelajaran
Computer,
infocus dan smart class
I. Penilaian
Pengambilan nilai melalui evaluasi didasarkan pada 4 (empat)
kriteria:
a.
Absensi dan keaktifan dalam belajar di kelasa: 10 %
b.
Ujian mid semester :
20 %
c.
Tugas akademik (pembautan makalah) :
20 %
d.
Ujian akhir semester : 50 %
Jumlah : 100 %
Buku Referensi:
1. Abn. Jabar Ibn Akhmad, Syarh al Ushul al-Khamsyah
2. Abu Bakar Jabir al-Jaz’iry, Aqidah al-Mu’min
3. Abu Zahra, Al-Aqidah al-Islamiyah kama ja’ahu fi al-Qur’an
4. Abu Zahra, Tarikh al-Mazahib al-Islamiyah
5. Al-Asy’ary, Maqamat al-Islamiyyin
6. Ali Musthafa al-Kaharabi, Tarikh al-Firaq al-Islamiyah
7. Al-Sahrats Sani, Al-Milal wa as-Nihal
8. Fazalurrahman, Tema-tema pokok Al-Qur’an
9. Harun Nasution, Teologi Islam
10. Ibnu Taimiyah, Majmu’ah at-Tauhid
11. Mahmud Saltut, Al-Islam, Aqidah wa Syari’ah
12. Muh. Ghazali, Aqidah al-Islamiyah Kama Ja’ahu fi al-Qur’an
13. Muhammad Ali, Isomologi
14. Sayyid Sabiq, Aqidah Islam
Mengetahui Ketua,
Dosen Pembina,
KH.
Syamsuddin, S.Ag, M.Pd.I