DISUSUN OLEH :
NAMA KOMARUDIN
NIP. 19790316 200904 1 001
SDN 1 RAMAN JAYA
KECAMATAN BELITANG II
KABUPATEN OKU TIMUR
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam kurun waktu Juli s.d. Desember
2013,
penulis telah mengikuti 1 (satu) Kegiatan
Pengembangan Diri yaitu sebagai berikut :
No.
|
Nama Kegiatan
|
Tahun
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Penyelenggara
|
1
|
Pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013
|
2013
|
Tanggal 01 s.d 05 November 2013
|
LPMP Propinsi Sumatera Selatan
|
Raman Jaya,
31 Desember 2013
Koordinator PKB Penulis/Penyusun
JEMINTEN, A.Ma.Pd KOMARUDIN
NIP. 196005061982022003 NIP.
197903162009041001
Mengetahui
Kepala Sekolah
SOMDANI, S.Pd.
NIP. 196806251991031006
LAPORAN MENGIKUTI
PELATIHAN IMPELEMNTASI
KURIKULUM
TAHUN 2013
OLEH
NAMA : KOMARUDIN
NIP : 197903162009041001
PANGKAT/GOL.RUANG : Pengatur,
II/c
JABATAN FUNGSIONAL GURU : Guru
UNIT KERJA : SDN 1 RAMAN JAYA KEC. BELITANG II KAB.
OKU TIMUR
LAPORAN PELATIHAN IMPLEMENTASI
KURIKULUM
TAHUN 2013
A.
Pendahuluan
Puji syukur kami
panjatkan kepada Tuhan Semesta alam karena atas berkat rahmat
dan karunia-Nya, telah dapat menyelesaikan pelatihan Implementasi Kurikulum
2013 bagi guru sasaran jenjang SD telah dapat diselesaikan dengan baik.
Pada tahun 2013 Implementasi Kurikulum 2013, sesuai
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013, dilaksanakan
secara bertahap. Implementasi tersebut dilaksanakan pada 295 Kabupaten/Kota
dengan sasaran sekolah 2.598 sekolah dasar. Untuk mendukung keberhasilan
pelaksanaan Kurikulum 2013 ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar, Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan, melaksanakan program pendampingan bagi guru di sekolah dasar
agar memiliki pemahaman, sikap, dan keterampilan yang sejalan dengan Kurikulum
2013. Dalam pelaksanaannya, keberhasilan program pendampingan perlu didukung
oleh guru yang profesional untuk melaksanakan praktik pembelajaran sesuai
dengan Kurikulum 2013 tersebut.
Sesuai dengan dinamika yang ada, upaya untuk menyiapkan
pelaksanaan ini terus dilakukan. Maka dari pelatihan Implementasi Kurikulum
Tahun 2013 ini dilaksanakan.
B. Alasan Mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun 2013
Kegiatan pelatihan Implementasi
Kurikulum Tahun 2013 ditujukan agar guru mampu dan siap ketika nantinya sekolah
menerapkan kurikulum 2013, baik dari segi pembelajaran, administrasi dan
seluruh komponen yang ada didalamnya.
C. Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun 2013
Sebelum acara pelatihan dimulai panitia
telah menyiapkan soal untuk tes yang akan diujikan bagi peserta dengan materi
seputar kurikulum demikian pula pada akhir pelatihan panitia juga menyiapkan tes untuk peserta.
Tujuan tes akhir ini adalah untuk melihat kembali secara mendalam kemampuan
peserta setelah mengikuti pelatihan tersebut sejauh mana
penambahan kompetensi para peserta dalam memahami materi yang telah disampaikan selama ini. Melalui
tes akhir dapat diketahui gambaran penambahan kompetensinya dalam memahami kurikulum
2013.
D. Tempat dan Waktu
Kegiatan pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013 dilaksanakan pada :
Hari : Jum`at s.d. Selasa
Tanggal : 01 – 05
November 2013
Tempat : LPMP
Prov. Sumatera Selatan Indralaya
Dalam kegiatan pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013 sarana
prasarana yang digunakan meliputi : peralatan infocus, laptop, dll.
E. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun 2013
Materi pelatihan Implemenetasi
Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
No
|
Materi Pelatihan
|
Jumlah Jam
|
0.
|
PERUBAHAN MINDSET
|
2
|
1.
|
KONSEP KURIKULUM 2013
|
4
|
1.1
|
Rasional
|
0,5
|
1.2
|
Elemen Perubahan
|
0,5
|
1.3
|
SKL, KI dan KD
|
2
|
1.4
|
Strategi Implementasi
|
1
|
2.
|
ANALISIS MATERI AJAR
|
12
|
2.1
|
Konsep Pembelajaran Tematik
Terpadu
|
2
|
Konsep Pembelajaran IPA Terpadu
|
||
Konsep Pembelajaran IPS Terpadu
|
||
2.2
|
Konsep Pendekatan Scientific
|
2
|
2.3
|
Model Pembelajaran
|
|
2.4
|
Konsep Penilaian Autentik pada
Proses dan Hasil Belajar
|
2
|
2.5
|
Analisis
Buku Guru dan Buku Siswa (Kesesuaian, Kecukupan, dan Kedalaman Materi)
|
6
|
3.
|
MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN
|
8
|
3.1
|
Penyusunan RPP
|
5
|
3.2
|
Perancangan Penilaian Autentik
|
3
|
4.
|
PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING
|
22
|
4.1
|
Simulasi Pembelajaran
|
8
|
4.2
|
Peer
Teaching
|
14
|
PENDAMPINGAN
|
2
|
|
TES AWAL DAN TES AKHIR
|
2
|
|
TOTAL
|
52
|
F. Narasumber
Narasumber Pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013 bagi guru sasaran jenjang SD terdiri dari :
1. Instruktur
LPMP dan nasional
G. Peserta
Peserta Pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013 berjumlah 48 orang dari guru yang dipilih
dari berbagai kabupaten di Provinsi Sumatera.
H. Strategi Kegiatan
Strategi kegiatan
dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun 2013 dilakukan dengan
menggunakan pendekatan sebagai berikut :
a. Menciptakan
suasana belajar sesuai dengan topic sajian.
b. Memberikan
petunjuk pembelajaran.
c. Sharing atas
temuan yang ada.
d. Penyimpulan.
Dengan pendekatan tersebut dapat disimpulkan untuk
teori 30%, praktik termasuk pemberian tugas 70%.
I. Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Hasil/manfaat
yang diperoleh dalam mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun
2013 ini
adalah sebagai berikut :
a. Manfaat yang saya peroleh dalam mengikuti Pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013 adalah bertambahnya pengetahuan, wawasan,
keterampilan tentang kurikulum 2013 dan pelaksanaannya dalam pembelajaran, selain itu juga
tentang cara penerapan kurikulum 2013 dan komponen-komponen yang harus
dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran.
b. Setelah saya mengikuti
kegiatan ini kompetensi saya menjadi meningkat, sehingga dalam pelaksanaan
kurikulum 2013 nantinya saya tidak merasa canggung dan kebingunan dengan apa
yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran.
J. Tindak Lanjut
Tindak lanjut
yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini adalah saya
akan melakukan diseminasi kepada teman-teman
guru di sekolah saya, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala
sekolah.
K. Dampak Setelah Mengikuti Pelatihan Implementasi
Kurikulum Tahun 2013
Setelah saya
mengikuti kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Tahun 2013 saya terapkan
cara/metode/strategi yang saya peroleh pada kegiatan dan
hasilnya terlihat anak-anak
menjadi aktif.
1. Meningkatnya
pemahaman saya terhadap Kurikulum 2013 mulai dari: rasional, elemen perubahan
kurikulum berdasarkan SKL,KI dan KD dengan berbagai pendekatan sampai dengan
strategi pelaksanaan Kurikulum 2013.
2. Pemahaman
Kurikulum 2013 sesuai dengan filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan
prosedur yang tercakup dalam elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan
KD.
3. Terbangunnya
pemahaman terhadap isi dan penggunaan buku guru dan buku siswa.
4. Terlaksananya
budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi pembelajaran inovatif
sebagaimana dituntut oleh Kurikulum 2013
5. Terlaksananya
pendekatan dan strategi penilaian otentik sebagaimana dipersyaratkan oleh
Kurikulum 2013
6. Pengetahuan
tentang pengolahan hasil penilaian pembelajaran dan pengisian buku rapor.
L. Kesimpulan
Penyelenggaraan Pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013 ini bagi saya/guru sangat membantu dalam
melaksanakan kurikulum 2013 nantinya. Sehingga kurikulum 2013 bukan lagi
barang baru bagi sekolah yang menjadi sasaran. Karena sudah memahami apa yang
harus dilakukan dalam pembelajaran ketika kurikulum ini diberlakukan
Harapan saya
bimbingan semacam ini hendaknya diprogramkan secara terus-menerus agar para
pendidik kompetensinya, wawasan, keterampilan meningkat.
PENUTUP
Pengembangan keprofesionalitas guru merupakan tuntutan
dalam memberikan pelayanan di bidang pendidikan. Sejalan dengan itu saya akan
selalu meningkatkan kompetensi melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan
tugas saya sehari-hari. Kegiatan –kegiatan yang saya ikuti adalah kegiatan Pelatihan
Implementasi Kurikulum Tahun 2013. .
Banyak manfaat yang diperoleh mengikuti pengembangan diri,
karena dalam kegiatan pengembangan diri tersebut banyak hal-hal yang baru yang
belum saya dapat, sehingga dengan mengikuti kegiatan tersebut pengetahuan,
wawasan dan keterampilan dapat saya peroleh.